Jurgen Klopp Tertantang Lakoni Puncak Liga Champions 2019

Editor: Koko Triarko

Roberto Firmino dipastikan bakal bisa diturunkan di final Liga Champions kontra Tottenham Hotspur. -Foto: @LFC

LIVERPOOL – Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan, bahwa timnya sangat tertantang untuk melakoni partai puncak Liga Champions 2019 pada 2 Juni mendatang, meski Naby Keita dipastikan bakal absen di laga krusial tersebut.

Final tahun ini adalah final kedua The Reds dalam dua tahun beruntun. Karenanya, tidak heran bila Klopp mengklaim timnya sangat antusias.

“Kami semua terpacu, karena kembali punya kesempatan mengangkat trofi Liga Champions,” ujar Klopp, dilansir laman resmi klub.

Menurut Klopp, timnya sudah sampai partai puncak pada musim lalu. Empat tahun sebelumnya, beberapa pemain The Reds juga telah sampai fase itu melawan klub lamanya, Borussia Dortmund. Dengan catatan itu, ia percaya diri timnya punya lebih banyak pengalaman.

“Ini soal menyesuaikan situasi, dan sejauh ini kami sudah mampu mengontrol emosi kami. Kami sangat tertantang dan siap berjuang meraih hasil terbaik,” ungkapnya.

Klopp juga memastikan laga final kontra Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano, Madrid, tidak akan diperkuat Naby Keita. Pemain tengah Guinea sedang dalam proses penyembuhan dari cedera pangkal paha yang dialaminya.

“Tidak ada peluang bagi Keita, tapi progress penyembuhannya berjalan cukup baik,” terangnya.

Klopp lebih baik menghampiri gelandang asal Brasil, Roberto Firmino. Klopp menyebut, bahwa Firmino berlatih terpisah pekan lalu dan akan kembali menjalani latihan terpisah. Meski begitu, kondisinya terlihat cukup bagus, sehingga bisa menjadi bagian tim di final.

Mengenai kegagalan yang sempat dialaminya, Klopp mengatakan bahwa sejauh ini ia tidak pernah mencapai final dengan tim yang lebih baik dari The Reds.

Klub juga didukung pemain yang memiliki banyak potensi untuk mewujudkan mimpi menjadi juara.

Setelah menyingkirkan Barcelona 4-0, lanjut Klopp, tidak ada yang lebih percaya dari tim itu sendiri. Kendati demikian, dia memastikan laga kontra Tottenham bakal berlangsung sangat ketat, karena kedua tim memiliki kualitas yang sama.

“Kami tahu banyak soal Tottenham, dan kami punya waktu tiga pekan setelah laga terakhir kami. Tapi dalam tiga pekan itu, kami harus fokus mengetahui pemain Barcelona,” lanjutnya.

Ditambahkan Klopp, sukses mengangkat trofi Liga Champions bukanlah capaian personal terbaiknya. Capaian itu diraih pada 2004, saat ia mengantar Mainz promosi Bundesliga.

“Menjuarai Liga Champions bersama Liverpool akan menjadi prestasi baru lagi,” pungkasnya.

Lihat juga...