Kalahkan De Graafschap, Ajax Pastikan Gelar Juara ke-34 Liga Belanda

JAKARTA — Ajax memastikan gelar juara ke-34 Liga Belanda setelah mengalahkan De Graafschap dengan skor 4-1 dalam laga pamungkas di Stadion De Vijveberg, Doentinchem, Belanda, Kamis dini hari WIB.

Tambahan tiga poin tersebut memastikan Ajax menutup musim di puncak klasemen dengan raihan 86 poin atau unggul tiga poin atas PSV Eindhoven (83) di posisi kedua, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Gelar juara Liga Belanda memastikan Ajax menutup musim 2018/2019 dengan raihan dwigelar, setelah sebelumnya mereka juga menjuarai Piala Belanda.

Pada laga pamungkas, Dusan Tadic membukukan dwigol untuk melengkapi dua gol pembuka Ajax yang dicetak Lasse Schoene dan Nicolas Tagliafico, yang cuma bisa dibalas De Graafschap melalui Youssef El Jebli.

Ajax memasuki laga dengan hanya membutuhkan satu poin untuk bisa memastikan gelar juara dan tim besutan Erik ten Hag itu akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-37 lewat eksekusi tendangan bebas Schoene yang melesak ke sudut kiri atas gawang Nigel Bertrams.

Tuan rumah sempat segera menyamakan kedudukan ketika umpan terobosan Nabil Bahoui berhasil diterima dan diselesaikan dengan tembakan kaki kanan El Jebli pada menit ke-40.

Namun, Ajax kembali merestorasi keunggulan mereka empat menit berselang melalui bek kiri Tagliafico yang memanfaatkan umpan kiriman Hakim Ziyech.

Setelah menutup babak pertama dengan satu tangan sudah menggenggam trofi juara, Ajax lebih percaya diri memasuki babak kedua.

Mereka mendapat hadiah tendangan penalti ketika Frenkie de Jong dijatuhkan Azor Matusiwa di dalam area terlarang pada menit ke-66.

Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Tadic yang mengeksekusi bola dengan yakin ke sudut kiri atas gawang untuk memperbesar keunggulan Ajax menjadi 3-1 atas De Graafschap.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, Tadic melengkapi raihan dwigolnya sekaligus memastikan kemenangan Ajax menjadi 4-1 lewat sepakan kaki kirinya.

Sementara Ajax menggelar pesta juara di markas De Graafschap, tuan rumah harus segera bersiap mengikuti playoff promosi-degradasi demi berjuang tetap bertahan di kasta tertinggi Liga Belanda. (Ant)

Lihat juga...