Kedatangan di Pelabuhan Simboro Mamuju Meningkat Lebih 100 Persen

MAMUJU — Kedatangan penumpang mudik di Pelabuhan Simboro Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa pagi, mengalami peningkatan hingga lebih dari 100 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Ketua Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Simboro, Bahtiar mengatakan penumpang mudik dari Kalimantan Timur itu, diangkut menggunakan KM Laskar Pelangi.

Penumpang mudik yang tiba di Pelabuhan Simboro pada Selasa, sekitar pukul 08.30 Wita itu, lanjut dia, mencapai 450 orang atau mengalami peningkatan lebih 100 persen dibandingkan dengan kedatangan KM Laskar Pelangi dari Pelabuhan Kariangau Balikpapan pada Minggu (26/5).

“Kedatangan penumpang dari Balikpapan hari ini meningkat cukup signifikan, yakni lebih 100 persen. Kemungkinan jumlah ini akan terus meningkat hingga 2 Juni 2019 yang diprediksi sebagai puncak kedatangan pemudik di Pelabuhan Simboro Mamuju,” katanya di Mamuju, Selasa (28/5/2019).

Saat kedatangan KM Laskar Pelangi di Pelabuhan Simboro Mamuju pada Minggu (26/5) pagi, jumlah penumpang mencapai 200 orang atau mengalami peningkatan 25 hingga 30 persen dibandingkan dengan hari biasanya.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Mamuju Jondrajuis mengatakan kedatangan penumpang kapal perintis yang melayani rute pelayaran ke sejumlah pulau di wilayah Sulbar hingga Bontang dan Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa subuh, juga mengalami peningkatan hingga 30 persen.

Pada hari biasanya, jumlah penumpang kapal perintis KM Entebee Express berkisar 30 orang dan pada Rabu subuh mengalami peningkatan menjadi 53 penumpang.

“Tadi pagi, KM Entebee Express yang melayani rute pelayaran Mamuju-Pulau Ambo-Pulau Popoongan-Pulau Salisingan hingga Balikpapan serta trayek Mamuju-Budong-Bodong dan Bontang (Kaltim) tiba dengan jumlah penumpang sebanyak 53 orang. Kalau hari biasanya, hanya 30-an orang,” kata dia.

Ia juga memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada pelayaran perintis itu hingga H-3 Lebaran mendatang.

“Sebentar sore KM Entebee Express akan berlayar menuju Bontang dan akan kembali ke sini (Pelabuhan TPI Mamuju, red.) dua hari kemudian. Selanjutnya, akan berlayar kembali ke sejumlah pulau-pulau di wilayah Sulbar hingga ke Balikpapan. Jadi, kemungkinan pelayaran perintis juga akan mengalami lonjakan,” kata Jondrajuis. [Ant]

Lihat juga...