hut

Kesebelasan Union Berlin Raih Tiket Promosi ke Bundesliga

JAKARTA — Kesebelasan Union Berlin meraih satu tiket promosi ke kasta tertinggi sepak bola Liga Jerman, Bundesliga, yang merupakan capaian pertama sepanjang sejarah 53 tahun klub itu berdiri.

Union memastikan hal tersebut setelah menahan imbang VfB Stuttgart 0-0 dalam laga kedua playoff promosi-degradasi di Stadion An der Alten Foersterei, Selasa dini hari WIB, dan menang berkat keunggulan gol tandang dengan skor agregat 2-2, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Dua gol yang dicetak Suleiman Abdullahi dan Marvin Friedrich di markas Stuttgart pada Jumat (24/5) dini hari WIB lalu, rupanya berujung jadi penentu tiket promosi yang diraih Union.

Union memang mengawali musim 2018/2019 dengan langkah ambisius yakni mendatangkan Urs Fischer sebagai pelatih baru mereka.

Fischer merupakan pelatih asal Swiss, yang sempat menangani FC Basel selama dua musim. Selama dua musim itu pula, Fischer membawa Basel menjuarai Liga Super Swiss ditambah satu trofi Piala Swiss di musim keduanya.

Musim ini, Fischer membawa Union menempati peringkat ketiga klasemen akhir Bundesliga 2 dan melewatkan kesempatan untuk promosi langsung hanya karena ditahan imbang VfL Bochum 2-2 pada laga pekan pamungkas.

Namun, dengan menempati posisi ketiga klasemen Bundesliga 2, Union berhak melakoni laga playoff promosi-degradasi melawan Stuttgart yang berakhir sebagai tim peringkat ke-16 Bundesliga.

Kini, dengan keberhasilan meraih keunggulan gol tandang dalam skor agregat 2-2, Union berhak untuk merasakan atmosfer kompetisi sepak bola nomor wahid Jerman.

Union menyusul FC Cologne dan SC Paderborn yang telah memastikan promosi sebagai juara Bundesliga 2 dan tim peringkat kedua.

Sedangkan Stuttgart akan menemani Hannover 96 dan FC Nuernberg berkompetisi di Bundesliga 2 musim 2019/2020. (Ant)

Lihat juga...