hut

Koperasi Tamanmartani Sediakan Pinjaman hingga Rp80 Juta/KK

Editor: Koko Triarko

Manajer Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah –Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Desa Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman, benar-benar menjadikan koperasi sebagai pilar pembangunan di tingkat desa. Selain menjadi penopang berbagai kegiatan ekonomi masyarakat, koperasi binaan Yayasan Damandiri ini juga menjadi alat untuk menyejahterakan seluruh warga desa. 

Didirikan sejak 2000, Koperasi Serba Usaha Tamanmartani Sejahtera yang memiliki 500 anggota ini, rutin memberikan pinjaman modal usaha bagi pelaku UKM yang merupakan warga desa. Tak tanggung-tanggung, pinjaman modal usaha yang diberikan bisa mencapai Rp80 juta per kepala keluarga.

Manajer Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, mengatakan pinjaman modal usaha ini hanya diberikan khusus bagi warga desa Tamanmartani. Khususnya, mereka yang menjadi anggota koperasi dan memiliki usaha. Dana koperasi sendiri berasal dari bantuan PNPM sebesar Rp250 juta, yang kini telah berkembang menjadi sekitar Rp1,3 miliar.

“Pada 2000, kita dapat suntikan dana Rp250 juta dari PNMP. Dana itu kita gulirkan untuk pinjaman modal usaha warga. Karena berbagai hal, dana itu sempat ludes akibat kredit macet. Namun secara perlahan, kita terus berupaya mengatasi masalah itu. Hingga akhirnya dana kembali dan bisa kita kembangkan lagi,” katanya.

Dengan bunga ringan sebesar 1 persen, aset koperasi sebesar Rp250 juta pada 2000, kini telah berkembang menjadi Rp1,3 miliar pada 2019. Pada 2018, dana yang digulirkan koperasi untuk kegiatan simpan pinjam bahkan tercatat telah mencapai Rp1,925 miliar.

“Warga yang meminjam modal usaha ini menganggsur cicilan setiap sebulan sekali. Biasanya, mereka juga membayar simpanan wajib sebesar Rp5 ribu maupun simpanan sukarela. Simpanan wajib ini bisa diambil sebagai tabungan. Ada warga yang bahkan simpanannya sudah mencapai Rp40 juta,” katanya.

Keuntungan koperasi berupa Sisa Hasil Usaha (SHU) dikembalikan kepada anggota maupun warga desa. Hal itu dilakukan koperasi Tamanmartani Sejahtera, dengan secara turin memberikan santunan atau bantuan kepada warga miskin yang ada di Desa Tamanmartani.

Selain memberikan layanan simpan pinjam, Koperasi Tamanmartani Sejahtera juga rutin menggelar pelatihan-pelatihan usaha bagi pelaku UKM maupun warga miskin.

Pelatihan ini digelar bekerja sama dengan pemerintah maupun instansi/pihak terkait. Selain itu, KSU Tamanmartani juga menaungi sejumlah unit usaha yang dikelola masyarakat. Mulai dari Warung Kafe Rakyat hingga sejumlah usaha homestay.

Lihat juga...