KPU Paser Kaltim: Prabowo-Sandi Menang

PASER — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur telah menetapkan pasangan calon presiden-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno unggul dalam Pemilihan Presiden 2019 di wilayah setempat dengan meraih 81.382 suara.

“Berdasarkan hasil pleno yang sudah ditetapkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf hanya memperoleh 68.293 suara. Sedangkan pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi unggul memperoleh 81.382 suara,” kata Ketua KPU Paser Abdul Qoyim di Tanah Grogot, Selasa (7/5/2019).

Untuk suara capres dan cawapres, ditetapkan 149.675 suara sah dan 3.519 surat suara tidak sah. Sementara jumlah pengguna hak pilih sebanyak 153.194, dari total jumlah pemilih 199.264. “Tingkat partisipasi pemilih di daerah kita mencapai 76,87 persen,” katanya.

Rapat pleno tersebut dilaksanakan KPU Paser sejak sabtu (4/5) pagi dan baru dapat dilaksanakan penetapan hasilnya pada Minggu (5/5) Sore sekitar pukul 17.00 Wita.

“Plenonya berlangsung dengan aman dan kondusif, memakan waktu dua hari. Untuk tanda tangan saksi saja memakan waktu satu hari,” kata Qoyim.

Qoyim bersyukur rapat pleno terlaksana dengan aman, damai dan kondusif. “Semoga saja hasil yang telah ditetapkan bersama lnl bisa memberikan hal terbaik untuk daerah dan bangsa,” ucap Qoyim.

Meski demikian dalam pelaksanaan pleno tersebut juga sempat ditemukan kejadian Khusus. Namun dapat diselesaikan secara musyawarah dan telah dibuatkan Berita Acara Kejadian Khusus-nya tersebut.

“Sempat ada kejadian khusus, tapi langsung dimusyawarahkan oleh komisioner KPU guna mendapatkan keputusan penyelesaian, kami juga telah menuangkan kejadian khusus tersebut dalam berita acara,” ujar Qayim menerangkan.

Sementara dari perolehan suara legislatif tingkat kabupaten diketahui yang terbanyak diraih oleh PKB, Golkar dan Demokrat.

“Untuk perolehan suara partai setiap daerah pemilihan sudah ditetapkan. Sedangkan siapa caleg Paser terpilih nanti ada agenda penetapannya,” ucapnya. (Ant)

Lihat juga...