KSU Derami Apresiasi Kecerdikan Posdaya Korong Gadang Sejahtera

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Pengawas Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, Zasmeli Suhaemi, menghadiri pembagian paket lebaran kepada masyarakat kurang mampu beserta anggota Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Korong Gadang Sejahtera di Padang, Kamis (23/5/2019). Hal yang dilakukan Posdaya tersebut, diapresiasi oleh KSU Derami.

Zasmeli mengatakan, hal yang dilakukan oleh Posdaya Korong Gadang adahal hal yang sangat baik, dan cerdik.

Pengawas Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, Sumatera Barat, Zasmeli Suhaemi saat menghadiri pembagian paket lebaran di Posdaya Korong Gadang Sejahtera/Foto: M. Noli Hendra

Karena memang tidak semua Posdaya yang ada di Padang bisa melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan oleh Posdaya Korong Gadang Sejahtera. Langkah yang diambil itu, telah menunjukkan perannya di tengah-tengah masyarakat.

“Di Padang, Posdaya Korong Gadang Sejahtera merupakan salah satu Posdaya yang bagus. Tidak hanya dalam ide kreativitas dalam menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat, tapi di Posdaya ini penikmat Tabur Puja sudah berkembang dengan baik, dan ekonomi rakyat tumbuh dengan baik, buktinya persoalan kredit macet tidak terjadi,” katanya, Kamis (23/5/2019).

Ia mengaku, hal tersebut yang membuat dirinya turut menghadiri pembagian paket lebaran dari Posdaya Korong Gadang Sejahtera kepada masyarakat setempat. Emi berharap hal yang telah dilakukan oleh Posdaya Korong Gadang Sejahtera dapat memotivasi Posdaya di Padang lainnya, untuk melakukan hal yang sama.

Menurutnya, dengan adanya kepedulian Posdaya yang demikian terhadap masyarakat sekitarnya, membuat kepercayaan masyarakat timbul kepada Posdaya.

Apabila hal tersebut terwujud, maka Posdaya tidak diragukan oleh masyarakatnya, sebagai upaya membantu masyarakat dalam mewujudkan ekonomi rakyat ke arah yang lebih baik.

“Membagikan paket lebaran ini adalah cara yang bagus, menjalin hubungan yang baik antara Posdaya dengan masyarakat. Saya harap jangan lihat jumlah atau jenis paketnya, tapi pahami dan terimalah bentuk kepedulian Posdaya kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Posdaya Korong Gadang Sejahtera, Mursida, mengatakan, ada sebanyak 300 paket lebaran yang disedikan oleh Posdaya yang dibagi-bagikan kepada masyarakat setempat. 100 paket untuk masyarakat kurang mampu dan 200 paket untuk anggota Posdaya.

Ia menjelaskan, masing-masing paket lebaran yang dibagikan itu kerjasama Posdaya Korong Gadang Sejahtera dengan Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Padang. Di sini Baznas menyediakan bantuan dalam bentuk uang, dan Posdaya membagikan bantuan dari Baznas itu dalam bentuk sembako, seperti sirup, minyak goreng, gula pasir, dan beberapa sembako lainnya.

“Masing-masing paket jika dihitung nilainya Rp75 ribu. Nilai memang tidak terlalu besar, tapi setidaknya dengan membagikan paket lebaran dapat membantu kebutuhan masyarakat dari sembako yang diberikan. Saya berharap masyarakat senang dan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” ucapnya.

Mursida yang akrab disapa Amak ini menegaskan, kegiatan bagi-bagi paket lebaran dilakukan rutin setiap momen Ramadan. Sistem pendanaan masih sama, yakni bekerjasama dengan Baznas Kota Padang, dan membagikannya tidak hanya kepada anggota Posdaya saja, tetapi juga untuk masyarakat kurang mampu yang ada di sekitar Posdaya.

“Pesan saya semoga masyarakat yang telah mendapatkan paket lebaran itu digunakan sesuai kebutuhan, dan jangan dijual pula ke warung-warung, dijadikan uang,” harapnya.

Lihat juga...