hut

Lantainisasi Damandiri, Anak Tumika Bisa Bermain Nyaman

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

MALANG – Usai meluncurkan program bedah rumah, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) kembali menghadirkan program sosial lainnya berupa lantainisasi dan pembuatan jamban bagi warga kelurahan Kedungkandang, kota Malang.

Sebanyak 70 warga tidak mampu dari tujuh RW mendapatkan bantuan lantainisasi, salah satunya Tumika (43) warga RW 04 kelurahan Kedungkandang.

Tumika, salah satu penerima program lantainisasi Damandiri di rumahnya – Foto: Agus Nurchaliq

Tumika menceritakan, kondisi lantai rumahnya sebelum mendapatkan bantuan lantainisasi masih berupa tanah yang selalu kotor. Sehingga tidak bisa digunakan anaknya untuk bermain dengan nyaman.

“Kalau dulu lantainya selalu kotor dan anak-anak tidak bisa nyaman bermain di lantai. Tapi setelah mendapat program bantuan lantainisasi dari Damandiri, lantai yang dulu masih berupa tanah sekarang sudah diplester semen sehingga tidak kotor lagi. Alhamdulillah,” katanya, belum lama ini.

Menurut Tumika, bantuan lantainisasi damandiri sebesar Rp 1,5 juta. Maunya dipanggilkan tukang, tapi oleh menantu mau dikerjakan sendiri untuk menghemat biaya,” ucapnya.

Jadi, imbuhnya, daripada biayanya dikasihkan ke tukang, lebih baik dikerjakan sendiri dan uangnya diambil untuk tambahan.

Kemudian, tambahnya, kemarin menantu juga membelikan keramik agar tampilan lantai tambah bagus dan bersih. Meskipun yang dikeramik cuma ruangan depan saja.

“Kemarin juga ada sisa semen yang akhirnya kita manfaatkan untuk mlester dinding. Sekarang, setelah mendapat program lantainisasi, anak-anak merasa senang karena mereka bisa lebih nyaman bermain bebas di lantai,” akunya.

Sementara itu, Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, menyampaikan, pengerjaan lantainisasi di tujuh RW dikerjakan selama tiga minggu.

“Pengerjaan lantainisasi ada yang menggunakan jasa tukang, tapi ada juga yang dikerjakan sendiri oleh pemilik rumah atau anggota keluarga,” terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Dian, tujuan diluncurkannya program lantainisasi  untuk aspek kesehatan dan memberikan rasa nyaman kepada warga atau pemilik rumah.

Menurutnya, RW 04 merupakan salah satu RW dari tujuh RW yang mendapatkan bantuan program lantainisasi paling banyak.

“RW 04 adalah yang paling banyak mendapatkan bantuan lantainisasi yakni sebanyak 20 rumah,” sebutnya.

Lihat juga...