Lantainisasi dari Yayasan Damandiri, Tingkatkan Taraf Hidup Warga Tamanmartani

Editor: Mahadeva

Manajer Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, selaku pelaksana program Desa Mandiri Lestari Tamanmartani - Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari tak berhenti berupaya mengurangi angka kemiskinan. Khusus untuk upaya meningkatkan taraf hidup warga masyarakat Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, sudah berlangsung selama dua tahun terakhir. 

Diresmikan sejak 2017 lalu, program Desa Mandiri Lestari Di desa Tamanmartani, telah banyak berkontribusi memperbaiki dan meningkatkan kondisi kehidupan masyarakat. Baik itu melalui program bedah rumah, pendirian homestay, pendirian warung cafe rakyat, hingga program lantainisasi.

Manajer Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, menyebut, program Desa Mandiri Lestari Tamanmartani, untuk lantainisasi di 2018 lalu, Yayasan Damandiri telah menyalurkan bantuan ke 59 unit rumah.

Bantuan lantainisasi tahap pertama, selesai diberikan pada warga miskin di Desa Tamanmartani. Sementara di 2019 ini, Yayasan Damandiri memberikan bantuan lantainisasi kepada warga miskin di Desa Tamanmartani.

Total jumlah bantuan meningkat menjadi 79 unit. Seperti tahun sebelumnya, bantuan diberikan khusus bagi warga miskin yang rumahnya masih berlantai tanah. “Untuk program lantainisasi tahap dua, rencananya akan disalurkan setelah lebaran atau akhir bulan Juni. Kita berikan pada 79 kepala keluarga, yang tersebar di 4 dusun. Nilainya Rp1,5 juta per unit,” ungkap Maimunah.

Dengan pencarian bantuan lantainisasi tahap kedua ini, maka total sudah ada sebanyak 138 rumah warga di desa Tamanmartani yang lantainya diperbaiki dan direnovasi. Terdiri dari 59 unit pada tahap pertama dan 79 unit tahap kedua. Dengan total besaran bantuan mencapai sebesar Rp200 juta lebih.

Lihat juga...