hut

Layani Penukaran Uang, BI Gandeng Belasan Bank

Editor: Mahadeva Wahyu Sugianto

MATARAM – Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat menggandeng belasan perbankan, untuk melayani penukaran uang selama Ramadan.

Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi antrian panjang penukaran uyang di kantor perbankan resmi. Selain itu, juga ada pelayanan penukaran uang menggunakan mobil kas keliling, yang digelar di lapangan Sangkareang Kota Mataram.

Kepala BI Perwakilan NTB, Achris Sarwani/foto : Turmuzi

“Kalau selama Ramadan, kebutuhan masyarakat melakukan penukaran uang pecahan tinggi, makanya untuk memudahkan, kita gandeng perbankan lain sebagai tempat melakukan penukaran,” kata Kepala BI Perwakilan NTB, Achris Sarwani, Kamis (16/5/2019).

Layanan penukaran uang pecahan telah dilakukan secara resmi, sejak awal Ramadan. Loket pelayanan langsung ramai oleh masyarakat yang hendak menukarkan uangnya. Penukaran uang di setiap Ramadan sudah seperti tradisi. “Itulah menjadi salah satu penyebab, kenapa permintaan uang pecahan selalu mengalami peningkatan” terangnya.

Sarwani menyebut, total transaksi yang disiapkan BI NTB untuk wilayah Kota Mataram di Ramadan sebesar Rp1,9 triliun. Sedangkan di seluruh wilayah NTB, besarannya mencapai Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Layanan penukaran uang pecahan, 50 ribuan, 20 ribuan dan 5 ribuan direncanakan akan digelar hingga 28 Mei mendatang.

Rani, salah satu pegawai swasta di Kota Mataram menyebut, sengaja menukarkan uang pecahan untuk sedekah kepada anak yatim piatu dan anak Panti Asuhan. Selain melakukan penukaran uang untuk disumbangkan, Dia menukarkan uang untuk kebutuhan angpao atau THR kepada sanak keluarga di kampung.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!