hut

Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyiapkan sejumlah acara yang terangkum dalam Pekan Lebaran 2019 bertajuk “Lebaran di TMII Serasa Pulang Kampung”, yang digelar mulai 5-23 Juni 2019.

Ketua Panitia Pekan Lebaran 2019, Dwi Rahaju Atmodjo, mengatakan, sesuai dengan temanya “Serasa Pulang Kampung”, pihaknya mengajak masyarakat yang tidak mudik dapat berkunjung ke TMII, berwisata ke anjungan-anjungan daerah dan wahana rekreasi. Di TMII, tampil 33 anjungan yang turut dimeriahkan dengan pagelaran ragam kesenian tari dan lagu daerah.

“Masyarakat dari seluruh nusantara, yang tidak berkesempatan mudik lebaran bisa berkunjung ke TMII, mengobati rindu kampung halaman, menikmati gelaran seni budaya daerah dan masakan khas,” kata Dwi, pada konferensi pers Pekan Lebaran 2019 di ruang Perpustakaan TMII, Jakarta, Senin (27/5/2019) sore.

Terkait kesiapan, manajemen TMII telah mempersiapkan berbagai ragam acara untuk pengunjung. Pagelaran seni budaya menarik yang digagas apik memberikan kepuasaan bagi pengunjung.

Acara Pekan Lebaran dimulai dengan musik dan lagu gambus di Panggung Putra Pendowo pada 5 Juni 2018.

Masih di tanggal yang sama, ditampilkan musik siteran dan aneka lagu daerah akan menghibur pengunjung di panggung dermaga dan panggung Dunia Air Tawar.

Tanggal 6 Juni, dihiasi penampilan Gambang Kromong ‘Si Noray’, lagu Tembang Kenangan dan lagu Islami di panggung Putra Pendowo dan panggung Dunia Air Tawar.

Berlanjut tanggal 7 Juni, musik Congdut ‘You Wish Band’  di panggung Putra Pendowo.

Ada pun tanggal 8 Juni, penampilan tarling ‘Aura Nada’ dan rock Demaz Band di panggung Putra Pendowo dan panggung parkir Museum Migas.

Tanggal 9 Juni, gelaran dangdut Perintis dan lagu Keroncong. Sedangkan tanggal 15 Juni adalah Campursari ‘Starplus Band di panggung Putra Pendewo.

“Puncaknya, tanggal 16 Juni dimeriahkan oleh Digoda Fest dengan bintang tamu Duo Anggrek di panggung Putra Pendowo,” ujar Dwi.

Ada pun tanggal 23 Juni, kembali dihibur dengan Gambang Kromong Si Noray dengan bintang tamu, Mastur.

Selain itu, tambah dia, unit-unit rekreasi seperti kereta gantung teater Keong Mas, SnowBay, Skyworld, Aeromovel, Taman Burung, Dunia Air Tawar, Istana anak-anak, kereta api mini, Taman legenda Keong Mas, juga siap melayani pengunjung.

Dunia Air Tawar TMII mempersembahkan koleksi unik berupa ikan Arwana kepala dua dan ikan Arwana kuda lumping. Juga diperkenalkan tampilan terbaru dari akuarium nusantara yang berisikan 33 akuarium berdasarkan jumlah provinsi di Indonesia.

Para pengunjung juga dapat menyaksikan uniknya cara makan ikan pada kegiatan feeding show ikan Arapaima, ikan  Piranha, ikan Tapah dan ikan Sumpit.

Sementara di Dunia Serangga, TMII pengunjung dapat mencicipi madu asli dari lebah trigona yang berada di area tematik Dunia Serangga.

Selain itu, permainan diskusi di insect gamezone dan dapat melihat langsung Taman Serangga yang berisi kumbang dan serangga air. Cantiknya taman kupu- kupu dan eksostiknya belalang ranting dan belalang daun akan menghiasi liburan lebaran.

Untuk Pekan Lebaran 2019, sebut Dwi, pihaknya menargetkan lebih banyak pengunjung dari tahun lalu. Tahun sebelumnya, TMII menargetkan 400 juta pengunjung.

“Target selama Pekan Lebaran 2019 sebanyak 500.000 pengunjung, yang tahun lalu 400.000 pengunjung. Insyallah tercapai,” tandasnya.

Demi kenyamanan pengunjung berwisata lebaran, TMII menyiapkan petugas-petugas di setiap titik keramaian, baik dari unsur satuan pengamanan, POLRI, Satpol PP dan TNI.

“Kurang lebih berjumlah 100 personel siap mengawal memberikan kenyamanan pengunjung,” pungkasnya.

Lihat juga...