Lebaran, KAI Purwokerto Sediakan Tempat Duduk Tambahan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Selama masa angkutan lebaran mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019, PT KAI Daop 5 Purwokerto menyediakan seat atau tempat duduk tambahan sebanyak 5.028 seat per hari. Tempat duduk tambahan tersebut adalah untuk kereta api (KA) yang keberangkatannya dari wilayah Daop 5.

Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto mengatakan, untuk seat tambahan tersebut tersebar pada empat KA tambahan lebaran, yaitu KA Kutojaya Selatan jurusan Kiaracondong-Kutoarjo pp, KA Kutojaya Utara tambahan jurusan Pasar Senen-Kutoarjo pp, KA Purwojaya jurusan Gambir-Cilacap pp dan KA Sawunggalih jurusan Pasar Senen-Kutoarjo pp.

Humas Daop 5 Purwokerto, Supriyanto memberikan keterangan tentang seat tambahan di Stasiun Purwokerto. Foto: Hermiana E. Effendi

“Untuk KA tambahan lebaran keberangkatan dari Daop 5, ada penambahan seat sebanyak 5.028 per hari. Selain itu, juga masih ada KA reguler ataupun KA tambahan yang melalui wilayah Daop 5 Purwokerto, yang juga menyediakan seat tambahan,” terang Supriyanto, Selasa (21/5/2019).

Sementara untuk KA reguler yang keberangkatannya dari wilayah Daop 5 Purwokerto, setiap harinya tersedia 7.304 seat.

Total ada 12 KA reguler yang berangkat dari stasiun-stasiun Daop 5, yaitu KA Purwojaya relasi Cilacap – Gambir pp, KA Sawunggalih pagi, relasi Kutoarjo – Pasarsenen pp, KA Sawunggalih malam, relasi kutoarjo – pasarsenen pp, KA Logawa, relasi Purwokerto – Jember.

KA Kutojaya Utara, relasi kutoarjo- pasarsenen p, KA Kutojaya Selatan, relasi kutoarjo – Kiaracondong pp dan KA Serayu pagi, relasi Purwokerto – Kiaracondong – Pasarsenen pp.

Selain itu juga ada KA Serayu malam, relasi Purwokerto – Kiaracondong – Pasarsenen pp, KA Wijayakusuma, relasi Cilacap – Surabaya – Banyuwangi pp, KA Kamandaka, relasi Purwokerto – Semarang KA Joglosemarkerto, Purwokerto – Semarang serta KA Joglosemarkerto, relasi purwokerto – Semarang – solo.

“KAI juga akan membuka posko Angkutan Lebaran 2019 selama 22 hari mulai tanggal 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019. Selama masa posko tersebut, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan dalam membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun” jelas Supriyanto.

Terkait kesiapan sarana, lanjutnya, Daop 5 juga sudah melakukan berbagai persiapan, antara lain dengan melakukan pengecekan dan perawatan KA.

Total ada 32 lokomotif yang dioperasikan untuk perjalanan KA reguler maupun KA tambahan lebaran. Terdiri dari 14 lokomotif untuk perjalanan KA penumpang, 4 lokomotif KA tambahan, 2 lokomotif asistensi, 7 lokomotif untuk KA barang, 3 lokomotif untuk kegiatan langsiran dan 2 lokomotif cadangan.

“Perawatan lokomotif kita lakukan rutin, mulai dari perawatan harian, bulanan, per 3 bulanan, per 6 bulanan serta perawatan tahunan. Untuk perawatan dilaksanakan di Dipo lokomotif Purwokerto dan Kutoarjo,” tuturnya.

Perawatan harian, dilaksanakan usai lokomotif berdinas, meliputi pengecekan pada pengereman, alat tolak tarik dan selang angin/air brake, klakson/suling lokomotif dan lain-lain.

 

Lihat juga...