hut

Lebaran, Pemkab Pasaman Barat Waspada Potensi Longsor

Ilustrasi - Longsor -Dok: CDN

SIMPANG EMPAT – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, bersiaga dan mewaspadai potensi tanah longsor selama masa libur Lebaran 2019.

“Pasaman Barat rawan bencana, terutama longsor di sejumlah titik. Untuk itu selama Lebaran kita siaga, terutama peralatan berat, antisipasi jika terjadi longsor,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, Henny, Sabtu (25/5/2019).

Pihaknya menyiagakan empat alat berat beserta operatornya, selama masa libur Lebaran. Keempat alat berat itu, backhole loder, ekskavator, motor grader, dan satu unit vibro. Alat-alat tersebut di standby-kan di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. “Jika ada longsor maka akan kita bantu secepatnya,” tandasnya.

Masyarakat diimba segera memberikan informasi secepatnya, jika terjadi tanah longsor. Sewaktu-waktu, alat berat bisa dengan cepat diturunkan ke lokasi, untuk membantu menyingkirkan material longsor.

Daerah rawan tanah longsor di Kabupaten Pasaman Barat berada di Kecamatan Talamau. Titik yang rawan longsor berada di sepanjang daerah lubang jepang, kelok kaco, sampai daerah Talu. “Di sepanjang jalan sekitar enam kilometer itu merupakan daerah perbukitan yang sangat rawan longsor,” tandasnya.

Diimbau, warga Pasaman Barat untuk tetap waspada, terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam saat perayaan Lebaran. “Kepada pemudik diharapkan tetap hati-hati melintasi daerah rawan bencama longsor,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...