Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Balikpapan Berikan Kemudahan Peserta

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan Sugianto menjelaskan mengenai kebijakan BPJS selama Lebaran - Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Selama libur Hari Raya Idul Fitri mulai 29 Mei hingga 13 Juni 2019, pelayanan BPJS Kesehatan masih dilayani mulai pukul 08.00 hingga 12.00 wita. Pelayanan itu untuk memudahkan peserta atau masyarakat Balikpapan ketika ingin menggunakan layanan kesehatan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Balikpapan, Sugianto, mengatakan, tujuan diberikan dispensasi ataupun kemudahan kepada peserta agar selama libur lebaran tidak ditemui kendala saat menggunakan layanan kesehatan.

“Apabila ada pengaktifan peserta atau anak usia lebih 21 tahun, itu otomotis non aktif. Tapi ketika masih kuliah tinggal menunjukkan kartu, tinggal kita aktifkan. Selain itu juga pelayanan pendaftaran bayi baru lahir. Itu biar tidak ada kendala kami siap layani,” ucapnya, Jumat (24/5/2019).

Menurutnya, yang terpenting bagi peserta BPJS kesehatan yang menjalani mudik lebaran di luar kota ataupun mudik ke Balikpapan tidak menemui kendala saat menggunakan kartu peserta. Bahkan, peserta tidak harus mengganti fasilitas kesehatan saat libur lebaran ketika akan berobat di daerahnya.

“Bisa dilayani tanpa harus ganti fasilitas kesehatan. Bisa langsung ke Puskesmas atau kalau tutup bisa langsung ke UGD rumah sakit. Selama lebaran kita ada dispensasi,” beber pria asal Solo ini.

Disebutkannya, kemudahan peserta JKN KIS yang mudik tidak harus mengubah faskes tersebut berlaku nasional.

“Kalau hari biasa atau normal kita misalnya dari Balikpapan mau ke Jakarta itu harus mengubah faskes. Ya mudik beberapa hari saja. Jadi silakan bisa langsung ke UGD kalau Puskesmas tutup. Jadi pelayanan kesehatan tetap berjalan,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga minta kepada warga yang belum terdaftar dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi mobile JKN dengan pelayanan 24 jam.

“Itu hidup terus tetap jalan walau libur lebaran. Kami tim IT di pusat tidak ada libur,” pungkas Sugianto.

Untuk diketahui, secara keseluruhan jumlah peserta BPJS kesehatan di Balikpapan ada 719.784 jiwa.

“Kepesertaan itu seluruh segmen, peserta yang iuran PBI, PNS, TNI Polri maupun peserta Mandiri,” tukasnya.

Pada hari yang sama juga, BPJS Kesehatan juga menggelar buka puasa bersama dengan mitra BPJS Kesehatan untuk mempererat tali silaturahmi diantara mitra BPJS.

Lihat juga...