Lima Muka Baru dari Kalsel Lolos ke Gedung DPR RI

BANJARMASIN — Sebanyak lima muka baru dari daerah pemilihan di Provinsi Kalimantan Selatan dipastikan lolos ke Gedung DPR RI di Senayan, Jakarta untuk duduk di lembaga legislatif itu periode 2019-2024.

Dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Kalsel di Hotel Rattan Iin Banjarmasin, 8-10 Mei 2019, terdapat lima muka baru dari 11 kuota yang melaju ke Senayan.

Untuk Dapil Kalsel 1 yang memperebutkan enam kursi, meliputi Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Balangan, dan Batola terdapat dua politikus baru yang melaju ke Senayan.

Dua politikus tersebut, Sultan H. Khairul Saleh dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Muhammad Rifqinizamy Karsayuda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sultan Khairul Saleh yang merupakan mantan Bupati Banjar tersebut, berhasil mengumpulkan dukungan secara pribadi 50.177 suara, total dengan perolehan suara caleg lain dan partai menjadi 119.622 suara.

Rifqinizamy yang kini mengetuai Himpunan Kelompok Tani Indonesia (HKTI) Kalsel berhasil meraih dukungan secara pribadi 30.465 suara, total dengan perolehan suara caleg lain dan partai menjadi 97.334 suara.

Untuk empat kursi tersisa masih didapatkan petahana, yakni dari PKS adalah Habib Aboe Bakar Alhabsy dengan total perolehan 142.414 suara, kemudian PPP adalah Syaifullah Tamliha dengan total perolehan 100.413 suara.

Selanjutnya, Partai Golkar adalah Bambang Heri Purnama dengan total perolehan 215.017 suara dan Gerindra adalah Saiful Rasyid dengan total perolehan 161.566 suara.

Untuk Dapil Kalsel 2 yang memperebutkan lima kursi, meliputi Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Kotabaru terdapat tiga muka baru melaju ke Senayan,yakni dua politikus PDIP dr. Sulaiman Umar dan Syafruddin H Maming, serta satu lainnya politikus Partai Gerindra Muhammad Nur.

Sebanyak dua politikus PDIP tersebut mampu mengumpulkan dukungan total 237.065 suara, sedangkan Muhammad Nur memperoleh suara total 127.333 suara.

Sebanyak dua kursi tersisa didapatkan petahana, Hasnuryadi Sulaiman H.B. dengan perolehan total 128.127 suara, selanjutnya dr. Muhammad Zairullah Azhar dengan perolehan total 106.048 suara.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Sarmuji, mengatakan pihaknya sudah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi, untuk dilanjutkan ke tingkat nasional. (Ant)

Lihat juga...