MA Tuan Rumah Forum Sekretaris Kementerian

Editor: Koko Triarko

Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Ahmad Fudjoharsoyo -Foto: M Hajoran

JAKARTA – Mahkamah Agung (MA) ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan Forum Sekretaris (Forses) Kementerian/Lembaga, yang diikuti Sesmenko, Sekjen, Sesmen, Sestama Kementerian/Lembaga, Kasum TNI, Asrena TNI, Asrena POLRI.

Sebagai tuan rumah, MA akan melakukan sosialisasi beberapa isu yang bersinggungan dengan kementerian/lembaga lain di bidang Tata Usaha Negara.

“Dalam kesempatan ini MA ditunjuk sebagai tuan rumah Forum Sekretaris Kementerian dan Lembaga, dan yang hadir para pejabat yang notabene adalah pejabat Tata Usaha Negara. Jadi, kesempatan untuk kita mensosialisasikan TUN ini,” kata Sekretaris Mahkamah Agung, A. S. Pudjoharsoyo, dalam rapat koordinasi dengan jajaran panitia di ruang kerjanya, di Gedung MA, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Menurut Fudjoharsoyo, terdapat beberapa isu yang memungkinkan bersifat antarkementerian/lembaga di Mahkamah Agung, seperti putusan yang berkaitan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), putusan Mahkamah Agung yang berkaitan dengan kebijakan publik maupun rangkap jabatan, atau bagaimana memahami putusan-putusan yang berkaitan dengan kebijakan publik.

“Persoalan-persoalan tersebut, nantinya akan dikoordinasikan dengan pimpinan Mahkamah Agung untuk penyampaiannya. Kita berharap, Ketua Kamar Tata Usaha Negara berkenan untuk menyampaikan hal-hal tersebut,” ujarnya.

Lebih jauh, Pudjoharsoyo mengatakan, pertemuan yang akan dihadiri oleh Sesmenko, Sekjen, Sesmen, Sestama Kementerian/Lembaga, Kasum TNI, Asrena TNI, Asrena POLRI, merupakan pertemuan rutin yang dilaksanakan di berbagai kementerian/lembaga.

“Mahkamah Agung untuk pertama kalinya mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah. Jadi, tentu ini suatu kesempatan yang sangat bagus untuk kita,” ungkapnya.

Meskipun Forses bersifat informal dan silaturahmi, tetapi memiliki nilai strategis dalam membina saling pengertian dan kerja sama antara kementerian/lembaga.

“Tuan rumah biasanya memanfaatkannya untuk melakukan sosialisasi terhadap hal-hal yang berkaitan dengan lintas kementerian/lembaga, dari sudut pandang tuan rumah,” sebut Pudjoharsoyo.

Selain itu, sebut Pudjoharsoyo, Ketua Mahkamah Agung telah bersedia menghadiri acara serta memberikan sambutan dalam acara tersebut.

Mengingat pentingnya Forses, Pudjoharsoyo berharap kepada panitia, agar bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan acara tersebut. Koordinasi dan konsolidasi persiapan diharapkan dapat terlaksana secara rutin hingga hari pelaksanaan.

“Sebagai tuan rumah, tugas kita adalah memberikan yang terbaik kepada tamu dan menjadi tuan rumah yang baik,” sebut Pudjoharsoyo.

Lihat juga...