Mengenal Peperomia, Tanaman Hias yang Berdaun Tebal

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BOGOR — Peperomia sp, tanaman yang memiliki ciri khas pada daunnya. Motif yang menarik, bentuk dan ketebalannya menjadi daya tarik pecinta tanaman untuk memilikinya.

Umumnya, Peperomia ditanam di dalam pot dan digunakan sebagai tanaman hias indoor. Walaupun ada beberapa spesies yang memiliki fungsi lainnya, seperti Peperomia vividispica yang dijadikan bahan baku makanan di daerah Amerika Selatan dan Amerika Latin.

Tercatat ada sekitar 1.600 spesies yang masuk dalam suku Piperaceae ini.

Research and Agronomy Advisor Taman Buah Mekarsari, Gregori Garnadi Hambali menyebutkan, Peperomia ini memiliki kemampuan beradaptasi yang tinggi pada lingkungan sekitarnya.

“Peperomia ini mengambilnya dari kata Pepper. Yang diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai lada,” kata Greg saat kunjungan ke koleksi tanamannya di Taman Buah Mekarsari, Senin (27/5/2019).

Peperomia termasuk tanaman yang lambat bertumbuh. Rata-rata dari semua spesiesnya hanya bertumbuh sekitar 25 cm. Walaupun untuk beberapa spesies ada yang mampu bertumbuh hingga 80-90 cm.

“Umumnya, Peperomia memiliki daun yang tebal. Yang mampu menyimpan air. Bentuk daunnya bervariasi, begitu juga ukurannya. Tapi warnanya rata-rata hijau emerald. Beberapa spesies memiliki tanda atau pola berwarna perak atau merah,” urai Greg.

Beberapa spesies juga muncul dengan tampilan varigata. Yaitu dengan munculnya warna krem hingga putih pada lembaran daunnya.

“Mayoritas Peperomia menyukai kelembaban. Sekitar 40-50 persen. Tapi ada beberapa yang mampu bertahan dan tumbuh dalam kondisi yang kering. Hal inilah yang menyebabkan Peperomia termasuk sukulen di habitat aslinya,” kata Greg.

Peperomia mampu bertoleransi pada cahaya tapi sebaiknya jangan diletakkan pada posisi yang terpapar sinar matahari secara langsung. Kemampuan Peperomia untuk bertoleransi pada cahaya bisa dilihat dari tampilan daunnya. Jenis Peperomia yang memiliki daun tebal dan lebar akan lebih mampu bertahan pada paparan cahaya secara langsung dibandingkan spesies yang memiliki ukuran daun lebih kecil.

Beberapa spesies Peperomia yang terkenal adalah Peperomia japonica atau Peperomia Jepang, Peperomia polybotrya atau Jayde Peperomia, Peperomia caperota atau Ripple Peperomia, yang beberapa dikenal dengan nama Red Luna, Metallica dan Emerald Ripple serta Peperomia orba atau Teardrop Peperomia yang memiliki daun kecil dan bentuk agak lonjong, seperti Pixie dan Princess.

Lihat juga...