hut

Omzet Warung Cerdas Damandiri Trirenggo Meningkat 50 Persen

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Meningkatnya daya konsumsi masyarakat selama bulan Ramadan, turut berdampak positif bagi Warung Cerdas Damandiri di Desa Trirenggo, Bantul. Selama bulan puasa, omzet warung binaan KUD Gemah Ripah di Desa Mandiri Lestari ini tercatat, juga meningkat. 

Pegawai Warung Cerdas Damandiri, Septi, mengatakan, omzet warung yang terletak di kawasan pusat kota Bantul ini bisa mencapai Rp1 juta per hari. Padahal, pada hari-hari biasa, omzetnya hanya berkisar Rp500-600 ribu per hari.

“Kalau dalam hitungan bulan, omzet bisa mencapai Rp25 juta. Padahal, biasanya kurang dari Rp20 juta. Ini karena banyak masyarakat membeli kebutuhan pokok, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk berjualan,” katanya, Selasa (28/5/2019).

Septi, melayani pembeli –Foto: Jatmika H Kusmargana

Salah satu faktor meningkatnya omzet penjualan Warung Cerdas Damandiri, juga disebabkan sejak bulan Ramadan, warung ini memproduksi bingkisan Lebaran atau parsel. Penjualan parsel ikut berkontribusi meningkatkan omzet Warung Cerdas Damandiri.

“Produksi parsel ini memang dilakukan untuk mendongkrak omzet penjualan warung. Karena biasanya setiap bulan Ramadan, banyak warga yang membeli bingkisan parsel untuk menyambut Lebaran,” katanya.

Sejak menjadi warung resmi penyalur Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Warung Cerdas Damandiri juga memiliki pemasukan tambahan yang terhitung tak sedikit.

Dalam kurun waktu sebulan sekali, warung ini menyalurkan sedikitnya 200 paket sembako kepada warga penerima bantuan di Desa Trirenggo.

“Satu paket sembako nilainya Rp110 ribu. Biasanya cair setiap tanggal 25. Sekali turun paling tidak kita melayani 200 pelanggan. Kadang, lebih. Sehingga total pemasukan warung hanya dari layanan BPNT saja bisa mencapai Rp20 juta lebih,” ungkapnya.

Lihat juga...