hut

Pansus Targetkan Awal Agustus Pemilihan Wagub DKI

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus), Bestari Barus, mengatakan, dalam perumusan tatib pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI pengganti Sandiaga Salahudin Uno, pihaknya telah mendapatkan pedoman Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Untuk pembahasan tatib pemilihan diperkirakan selesai dalam waktu satu bulan.

“Yang sudah ada tinggal kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Dalam satu bulan ini kelar. Setelah itu tinggal pelaksanaan pemilihan saja,” kata Bestari, seusai rapat di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).

Bestari Barus, Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) pemilihan calon wakil gubernur DKI Jakarta – Foto: Lina Fitria

Kemudian dia menyampaikan pansus sudah memiliki draf tata tertib (tatib) untuk dijadikan acuan bagi panlih.

“Untuk besok, akan mulai rapat-rapat, pembahasan draf tatib yang sudah ada,” katanya.

Setelah tatib rampung, maka langsung dilakukan pembentukan panitia pemilihan (panlih). Nantinya, panlih hanya tinggal menyiapkan teknis pemilihan berdasarkan tatib yang sudah disusun.

“Kalau panlih kan teknis saja. Tinggal siapin white board, surat suara, gitu. Kalau tatibnya, sebulan cukuplah. Atau 1,5 bulan karena kepotong Lebaran,” ujarnya.

Bestari juga mengatakan tim pansus akan mengembangkan draf yang telah ada sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk memperkaya materi itu sendiri, apakah cukup seperti yang ditawarkan. Draf atau  kami harus melengkapi dengan detil-detil yang nanti dibutuhkan panlih sebagai bahan kesempurnaan kerja. Itu saja,” kata Bestari.

Selanjutnya pansus menargetkan proses pemilihan pengganti Sandiaga Uno sudah bisa dilakukan pada Agustus 2019. Sehingga, Gubernur Anies Baswedan memiliki pendamping yang akan kembali membantunya untuk mengurus persoalan Ibu Kota.

“Sekitar Agustus awal sudah pemilihan. Itu targetnya,” tegasnya.

Sementara Pelaksana Tugas Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, meminta ke anggota Pansus DPRD DKI untuk tidak menolak cawagub DKI dari PKS. Akmal menekankan tugas DPRD DKI adalah memilih cawagub yang telah ditentukan.

“Nggak ada ruang (untuk menolak). Itu kan hak partai. Tugasnya DPRD itu bukan menolak, coba lihat dalam ketentuan. Tugas DPRD itu bukan menolak, tapi memilih salah satu (cawagub),” kata Akmal.

Akmal menyebut anggota DPRD DKI melanggar undang-undang jika menolak cawagub yang diusulkan.

“(Jika menolak) Itu melanggar UU dong, kan tugasnya melakukan pemilihan. Berarti kan ada konsekuensi. Saya katakan dalam praktik yang ada belum pernah kejadian seperti itu (menolak usulan),” jelasnya.

Kemendagri sendiri bertindak sebagai pendamping pansus dalam menyusun tatib pemilihan Wagub. Ada sejumlah hal krusial yang menurut Akmal harus tertuang dalam tatib.

“(Yang krusial) adalah siapa yang menjadi saksi (pemilihan), bagaimana proses pemilihan, berapa lama waktu dia (panitia pemilihan) bekerja,” papar Akmal.

Selain itu, dia menyarankan untuk mencontek Provinsi Riau dalam melaksanakan pemilihan calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno.

Menurut Akmal, Riau sudah mengalami hal serupa saat Gubernurnya Arsyadjuliandi Rachman mengundurkan diri karena maju sebagai calon legislatif DPR RI 2019 dari Partai Golkar daerah pemilihan Riau.

“Tidak ada salahnya juga DPRD belajar dari daerah lain yang sudah melaksanakan hal yang sama. Kami memang sarankan untuk contoh ke Jambi atau ke Riau yang sudah melakukan hal yang sama, itu bagus,” ungkapnya.

Akmal menjelaskan, tugas pansus hanya sebatas membentuk tata tertib pemilihan yang nantinya akan dilaksanakan oleh panitia pemilihan (Panlih). Sementara Panlih nantinya bisa ditunjuk oleh Pansus juga atau oleh pimpinan DPRD.

Meski dalam Peraturan Pemerintah Tahun 2018 tenggat waktu pembentukan tata tertib oleh pansus adalah 1 tahun, sebaiknya pansus DKI menyelesaikan tatib selama 1 bulan saja.

“Enggak mungkin 1 tahun, paling cuma 1 bulan, ini juga terkait dengan anggaran yang di pansus akan mendapat hak-hak. Paling tidak satu bulan,” tutupnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!