hut

Pecundangi Saint-Etienne, Montpellier Dekati Zona Liga Europa

JAKARTA — Montpellier berhasil mempecundangi tuan rumah AS Saint-Etienne dengan skor 1-0 dalam laga pekan ke-36 Liga Prancis di Stadion Geoffroy-Guichard, Sabtu dini hari WIB, demi mendekati zona Liga Europa.

Berkat kemenangan tersebut, Montpellier yang berada di urutan kelima kini mengoleksi 58 poin dan memangkas jarak dari Saint-Etienne (62) menjadi empat poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Kemenangan Montpellier dipastikan melalui gol tunggal penyerang Gaetan Laborde, di tengah pertandingan yang diwarnai dua kartu merah tersebut.

Laborde sebetulnya memperoleh peluang untuk membuka keunggulan lebih awal, saat laga baru berjalan tiga menit, ketika ia menerima umpan silang Ambroise Oyongo, namun bola tembakannya melenceng ke sisi kiri gawang.

Kendati tuan rumah lebih banyak menyerang, namun peluang-peluang mereka hanya satu yang tepat sasaran yakni tembakan jarak jauh Wahbi Khazri yang mudah diamankan kiper Benjamin Lecomte pada menit ke-37.

Semenit berselang Laborde kembali memperoleh peluang saat ia berusaha menyelesaikan bola kiriman Andy Delort, namun tembakannya bisa dijangkau kiper Stephane Ruffier di sisi kanan bawah gawang.

Usai turun minum, delapan menit memasuki babak kedua Montpellier harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain setelah Daniel Congre dijatuhi kartu merah oleh wasit Benoit Bastien yang berkonsultasi dengan VAR untuk meninjau pelanggaran keras terhadap Arnaud Nordin.

Bukannya memanfaatkan keunggulan jumlah pemain, Saint-Etienne malah ikut-ikutan melanjutkan laga dengan 10 pemain lantaran Remy Cabella menerima kartu kuning kedua pada menit ke-62.

Laborde akhirnya membawa tim tamu unggul lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti yang melesak ke sudut kiri bawah gawang dua menit kemudian.

Saint-Etienne berusaha segera membalas namun bola tendangan Nordin berhasil ditepis Lecomte.

Kedudukan satu kosong untuk tim tamu terus bertahan hingga laga usai, menyusul peluang pamungkas Saint-Etienne lewat tembakan luar kotak penalti Pierre-Yves Polomat berhasil diamankan Lecomte. (Ant)

Lihat juga...