Pelaku UMKM di Purbalingga Dimotivasi Jiwa Wirausaha

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURBALINGGA – Selama ini, berbagai program yang menyentuh kalangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seringkali hanya berbagai pelatihan. Padahal untuk menjadi pengusaha, juga dibutuhkan motivasi serta jiwa wirausaha yang tangguh.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Purbalingga menjawab kebutuhan tersebut dengan menggelar Achievement Motivation Training (AMT) bagi para pelaku usaha di Purbalingga.

AMT merupakan  program pelatihan untuk pengembangan diri khususnya dalam hal peningkatan motivasi.

Kepala Bidang UMKM pada Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga, Adi Purwanto menjelaskan tentang program AMT yang sudah dijalankan selama 4 tahun terakhir, Selasa (21/5/2019). Foto: Hermiana E. Effendi

Kepala Bidang UMKM pada Dinkop UKM Kabupaten Purbalingga, Adi Purwanto, mengatakan, jika sudah memiliki motivasi yang kuat dan jiwa kewirausahaan, maka para pelaku UMKM akan mampu bertahan dan bersaing dalam kondisi apa pun dan dimana pun. Menurutnya, mengubah mindset pelaku usaha justru menjadi hal yang sangat penting.

“Kita terus berupaya agar para pelaku UMKM di Kabupaten Purbalingga tangguh dan bisa bersaing dengan kabupaten lain. Karena itu membangun motivasi di kalangan pelaku UMKM menjadi salah satu prioritas program yang kami jalankan,” terangnya, Selasa (21/5/2019).

Lebih lanjut Adi menjelaskan, jiwa wirausaha inilah yang sebetulnya harus diarahkan kepada pelaku usaha. Artinya mulai dari diri pribadi pelaku usaha harus dibina terlebih dahulu, tidak bisa secara instan menjadi pengusaha tanpa mempunyai kemampuan dasar berwirausaha.

“Pengusaha-pengusaha ini harus memiliki kemampuan seperti pengendalian diri, instrospeksi diri kemudian manajemen waktu, serta materi-materi lainnya yang berkaitan dengan pengembangan diri termasuk psikologi pelayanan dan sebagainya,” jelasnya.

Peserta AMT juga dibekali teori untuk mengenali potensi dan kemampuan diri sendiri, mengetahui kelemahan serta potensi-potensi yang bisa dikembangkan.

Program AMT merupakan program tahunan yang diadakan oleh Dinkop UKM dan sudah berjalan selama empat tahun ini. Terkait dengan peserta yang mengikuti AMT ini terbuka untuk seluruh pelaku usaha di Purbalingga.

“Jadi, pelaku usaha ini tidak hanya dibekali ilmu ekonomi saja melainkan ilmu pengembangan diri. Karena ini menjadi basic para pelaku usaha dimana perilaku dan tingkah laku para pelaku usaha sangat mempengaruhi usaha yang dijalankan,” pungkasnya.

 

Lihat juga...