Pelihara Asa ke Liga Champions, Milan Atasi Bologna 2-1

JAKARTA — AC Milan berhasil mengatasi Bologna dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-35 Liga Italia di Stadion San Siro, Milan, Italia, Selasa dini hari WIB, demi memelihara asa mereka memperoleh satu tiket ke Liga Champions musim depan.

Kemenangan itu diraih berkat gol Suso dan Fabio Borini sementara Bologna membalas lewat Mattia Destro, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kedua tim sama-sama menyelesaikan pertandingan dengan 10 orang pemain di lapangan. Milan lebih dulu dipaksa mempertahankan keunggulan dengan 10 pemain sejak menit ke-74 setelah Lucas Paqueta menerima kartu kuning kedua.

Sementara penyerang gelandang serang Bologna Nicola Sansone menerima kartu merah pada pengujung laga, sebelum kemudian kartu merah juga diberikan wasit terhadap Mitchell Dijks atas insiden selepas peluit tanda laga usai berbunyi.

Berkat kemenangan tersebut, Milan kini menempati urutan kelima dengan koleksi 59 poin hanya terpaut tiga poin dari Atalanta (62) di peringkat keempat, sedangkan Bologna tertahan di posisi ke-15.

Upaya Milan meraih tiga poin sempat mendapat cobaan berat ketika Lucas Biglia menderita cedera dan akhirnya ditarik keluar digantikan Jose Mauri pada menit ke-26.

Semenit kemudian penyerang Bologna Rodrigo Palacio sukses menyarangkan bola ke gawang Milan, namun hakim garis mengangkat bendera tanda offside yang kemudian dikonfirmasi oleh wasit berkonsultasi dengan VAR.

Milan berhasil membuka keunggulan pada menit ke-37 ketika Suso memperoleh bola dalam situasi lemparan ke dalam dan melewati kerumunan pemain belakang Bologna sebelum melepaskan tembakan terarah ke sudut bawah kanan gawang menaklukkan kiper Lukasz Skorupski.

Skor itu bertahan hingga turun minum sebelum kemudian Borini, yang baru enam menit merumpt menggantikan Hakan Calhanoglu, sukses menggandakan keunggulan Milan pada menit ke-67 dengan menyambut bola muntah hasil penyelamatan Skorupsi atas tembakan Paqueta.

Bologna memperkecil ketertinggalan lima menit kemudian memanfaatkan teledornya lini belakang Milan dan Sansone melepaskan umpan silang yang berhasil disambut Destro demi dilesakkan ke gawang Gianluigi Donnarumma.

Dalam situasi tertekan, Milan kehilangan Paqueta setelah ia mendorong Erick Pulgar usai dijegal jatuh oleh gelandang bertahan Bologna tersebut pada menit ke-74. Paqueta mendapat kartu kuning kedua dan meninggalkan lapangan.

Sayangnya Bologna tak sukses memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan satu-satunya peluang berbahaya yang mereka miliki terjadi pada menit kedua injury time lewat Simone Edera namun berhasil dimentahkan oleh Donnarumma.

Milan berusaha menjaga keunggulan yang mereka miliki sampai pada satu titik Sansone melakukan kesalahan serupa Paqueta, yakni bereaksi terlalu keras atas pelanggaran yang dilakukan Franck Kessie terhadapnya berujung kartu kuning kedua.

Tepat saat wasit Marco Di Bello meniup peluit tanda laga usai, Dijks melancarkan protes berlebih yang segera dijawab dengan kartu merah. Milan menang 2-1 atas Bologna. (Ant)

Lihat juga...