Pemkab Bangka Beri Bantuan Jaring Udang

Nelayan - Dok: CDN

SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui dinas terkait akan menyalurkan bantuan jaring kepada nelayan di daerah itu.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat, mengatakan, bantuan jaring yang akan disalurkan kepada nelayan sepanjang kurang lebih 800 piece atau 40.000 meter.

“Jaring sepanjang kurang lebih 800 piece akan disalurkan ke nelayan di Kecamatan Merawang, nelayan Sungailiat, nelayan di Kecamatan Mendo Barat, Belinyu dan nelayan di Kecamatan Riau Silip,” katanya, Senin (6/5/2019).

Dia mengatakan, bantuan jaring yang bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK) itu disalurkan ke nelayan melalui kelompok nelayan, yang dilengkapi dengan dokumen administrasi yang sah sesuai ketentuan.

“Jaring yang disalurkan berupa jaring udang, jaring untuk udang dan jaring khusus ikan selar,” jelasnya.

Dia mengatakan, jaring tersebut disalurkan bagi nelayan yang menggunakan jenis kapal berkapasitas kecil atau tiga gross ton, dengan menggunakan mesin tempel.

“Pemerintah berharap kepada nelayan penerima bantuan jaring, agar dapat menggunakannya semaksimal mungkin sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan nelayan itu sendiri,” katanya.

Bantuan jaring disalurkan ke calon penerima, setelah verifikasi terlebih dahulu, baik kelengkapan dokumen maupun terjun ke lapangan untuk mengetahui kondisi calon penerima, agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran. (Ant)

Lihat juga...