hut

Pemkot Padang Siapkan Rp16 Miliar Percantik Batu Malin Kundang

Editor: Koko Triarko

PADANG – Sebuah tempat yang memiliki cerita legenda yang kini masih santer menjadi cerita contoh hidup tentang menghargai orang tua dari Kota Padang, Sumatra Barat, yakni Malin Kundang, mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat. 

Batu Malin Kundang yang terletak di kawasan Pantai Air Manis, Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Padang, telah dianggarkan oleh Pemko Padang untuk melakukan sejumlah perubahan atau bersolek, sebesar Rp16 miliar.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan selama ini belum banyak yang berubah di kawasan Wisata Pantai Air Manis, namun hal yang menggembirakan itu, dengan telah dibukanya jalan baru Nipah membuat akses dari Kota Tua Padang menuju Pantai Air Manis lebih mudah.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah/ Foto: M. Noli Hendra

“Jalan untuk menuju Pantai Air memang telah bagus. Nah, supaya dengan telah dimilikinya akses jalan dan dapat menunjang kunjungan bisa lebih baik, Pantai Air Manis perlu dihadirkan hal-hal baru,” katanya, Minggu (19/5/2019).

Dulu, untuk menuju Pantai Air Manis butuh perjalanan yang cukup panjang. Terhitung jika dimulai perjalanan dari pusat kota, waktu tempuhnya bisa mencapai 30 menit. Pintu masuk ke lokasi wisata ini, menggunakan jalur Jalan Mato Aie, dan melakukan pendakian perbukitan.

Namun, dengan adanya jalan baru Nipah, diperkirakan hanya sekitar 15 menit saja untuk sampai ke lokasi wisata Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis.

Menurutnya, dengan adanya anggaran untuk melakukan pembenahan kawasan wisata Pantai Air Manis itu, maka akan banyak perubahan dilakukan oleh Pemko Padang terhadap kawasan wisata yang melegenda tersebut.

“Jadi, dengan anggaran tersebut kita akan memperancak objek wisata yang menjadi ikon dan kebanggaan rakyat Kota Padang ini,” jelasnya.

Sembari segera dimulainya pembenahan, Pemko Padang memohon kesediaan masyarakat di kawasan Pantai Air Manis dan sekitarnya dapat menerima berbagai perubahan ke arah yang lebih baik. Sebab, hal tersebut juga dalam upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi di Kota Padang.

“Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang merasa belum lengkap dan belum puas jika belum mengunjungi objek wisata Batu Malin Kundang, sebab legenda ini sudah mendunia”, kata Mahyeldi, lagi.

Ia menyebutkan, pembangunan pembenahan akan akan dimulai untuk menjadikan Pantai Air Manis lebih rancak dan penuh pesona bagi para pengunjung. Semoga rencana ini juga sesuai dengan harapan masyarakat sekitar.

Khusus yang ingin berwisata di Padang Air Manis, akan dibuka sejak pukul 06.00-18.00 WIB, dan untuk dapat masuk ke dalam obyek wisata tersebut, dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang dan parkir mobil Rp10.000.

Kawasan tersebut memang tidak diperbolehkan berkunjung di malam hari. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal0hal yang tidak diinginkan.

Di Pantai Air Manis, hal yang bisa dilakukan pengunjung seperti bermain papan seluncur di tepi pantai yang memiliki ombak sedang. Bermain kendaraan RTV dengan sewa Rp100 ribu per kendaraan untuk berjalan sepanjang Pantai Air Manis. Serta berfoto-foto di kawasan Batu Malin Kundang.

Selain menikmati pantai, di kawasan Pantai Air Manis memiliki banyak makanan dan minuman, seperti kerupuk kuah, langkitang, pensi, kelapa muda, dan banyak jenis makanan lainnya.

Selain Pantai Air Manis, di Kota Padang memiliki beberapa lokasi pantai lainnya, seperti Pantai Purus Padang, Pantai Nirwana, Pantai Caroline, Panti Pasir Jambak, dan Teluk Bayur. Seluruh tempat wisata pantai itu, cukup banyak dikelola oleh pihak swasta.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!