hut

Penjualan ‘Online’ Solusi Bagasi Pesawat Berbayar

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Penjualan produk secara online menjadi solusi terbaik bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk menyiasati mahalnya harga tiket pesawat dan kebijakan bagasi berbayar.

“Kenaikan harga tiket maupun kebijakan bagasi berbayar tidak usah terlalu dihawatirkan, penjualan via online bisa jadi solusi” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB, Lalu Saswadi, di Mataram, Selasa (28/5/2019).

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi sekarang, dengan kecenderungan sebagian besar masyarakat yang banyak menggunakan media sosial, penjualan produk UMKM menjadi sangat potensial dibanding penjualan secara offline.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB, Lalu. Saswadi/ Turmuzi

Dari sisi biaya dan waktu, pemasaran produk secara online juga lebih hemat dan bisa menyasar segenap lapisan masyarakat. Transaksi pembayaran juga lebih aman, karena pembayaran dilakukan nontunai.

“Transaksi penjualan online itu lebih aman dan menguntungkan secara ekonomi. Karena  itu, pelaku UMKM sudah harus mulai banyak memaksimalkan pemasaran online,” katanya.

Saswadi menyebutkan, UKM yang menggunakan go digital di NTB saat ini baru sekitar 400 pelaku usaha. Tapi seiring dengan diberikan pelatihan, semakin banyak pengusaha menggunakan digital dalam pemasarannya.

Tak hanya itu, dengan tingginya harga tiket pesawat, dimanfaatkan untuk menjual produk mereka.

Menurutnya, meskipun tingkat kunjungan wisatawan menurun dengan tingginya harga tiket, namun hal ini dapat dimanfaatkan para pelaku usaha, untuk memasarkan produknya melalui situs online. Sehingga, memudahkan mereka mendapatkan produk-produk dari NTB.

“Untuk itu, kita terus berikan mereka pelatihan bagi usaha-usaha yang belum go digital ini dalam pemasarannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Hj. Putu Selly Andayani, mengatakan, agara pelaku UMKM bisa memasarkan produknya sampai pasar internasional, Pemprov NTB menyediakan aplikasi i-shop sebagai wadah.

Melalui i-shop tersebut, Disdag NTB siap memfasilitasi pelaku UMKM melakukan promosi hingga transaksi produk dihasilkan.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!