Penyelenggaraan Pemilu di Banyumas Berjalan Kondusif

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Proses pemilu di Kabupaten Banyumas, mulai dari pemungutan suara hingga penetapan rekapitulasi suara berjalan kondusif. Tidak ada gesekan yang serius antarkelompok atau antarpendukung dan hasil akhirnya, seluruh saksi juga menandatangani berita acara hasil pemilu.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono yang ikut menyaksikan rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara di aula Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas mengatakan, ia sangat berterima kasih kepada jajalan TNI-Polri yang sudah mengawal proses pemilu, hingga Banyumas tetap kondusif.

“Semua ini tidak lepas dari kerja keras Bapak Kapolres, Pak Dandim serta para penyelenggara pemilu, karena itu saya mewakili Pemkab Banyumas mengucapkan banyak terima kasih. Dan setelah semua proses ini selesai, maka sesuai slogan yang didengungkan Pak Kapolres, kabeh seduluran selawase (red, semua bersaudara selamanya), maka mari kita bersatu kembali, bahu-membahu untuk membangun Banyumas bersama-sama,” kata Sadewo, Jumat (3/5/2019) malam, usai rapat pleno di KPU Banyumas.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono. – Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut Sadewo menjelaskan, indikasi bahwa pemilu di Banyumas berlangsung kondusif adalah, seluruh saksi peserta pemilu, baik saksi pasangan capres-cawapres maupun saksi partai politik mau menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan suara. Hal tersebut menandakan, semua sepakat dengan hasil pemilu dan sepakat pula tidak ada kecurangan di Banyumas.

Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun yang juga hadir dalam rapat pleno di KPU mengatakan, sejak awal masa kampanye hingga pencoblosan dan perhitungan suara, tidak ada masalah yang berarti. Kalau toh ada masalah teknis, bisa cepat diatasi dan tidak sampai pada mengganggu kondusifitas wilayah.

“Warga Banyumas ini luar biasa, selama proses pemilu, tidak ada gesekan antar kelompok pendukung, semua berjalan aman dan kondusif,” kata Kapolres.

Sekarang ini, tinggal melakukan pengawalan untuk penyerahan dokumen laporan hasil perhitungan suara dari KPU Banyumas ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Dalam pengawalan dokumen tersebut, Polres Banyumas melakukan bersama-sama dengan TNI dan Bawaslu.

“Perjalanan laporan hasil perhitungan suara ini harus termonitor dengan baik dan dipastikan aman hingga tempat tujuan,” tegas Kapolres.

Lihat juga...