hut

Pepes Ikan Selar Flores Penggoda Selera

Editor: Mahadeva Wahyu

Pepes ikan Selar yang mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk menghidangkannya. Foto : Ebed de Rosary

MAUMERE – Ikan Selar merupakan ikan yang mudah didapat dan hampir setiap hari dijual di kota-kota di Flores. Ikan tersebut dijual dengan harga bervariasi tergantung ukuran.

“Ikan Selar mudah ditangkap, karena hampir sama dengan ikan layang yang selalu ada setiap saat. Ikan ini bisa ditangkap setiap saat dengan melepas pukat atau jaring di sekitar rumpon,” sebut Ibrahim, nelayan warga Kota Maumere, Sabtu (25/5/2019).

Ikan Selar biasa dijual Rp10 ribu untuk delapan sampai 10 ekor ikan berukuran tiga jari orang dewasa. Biasanya, ikan Selar ditangkap saat subuh, menggunakan pukat atau jaring di sekitar rumpon. Saat pagi hingga sore hari, ikan tersebut mudah didapat oleh nelayan.

Melimpahnya ikan selar, membuat Diana Berlina, pedagang makanan di Pensip Kelurahan Waioti, terkadang menggunakan masakan ikan selar sebagai menu selingan. Menu pepes ikan yang dibuat terkadang juga mempergunakan ikan layang.

Diana Berlina salah seorang pedagang makanan di Pensip kelurahan Waioti kota Maumere.Foto : Ebed de Rosary

“Untuk membuat pepes ikan Selar, bahan-bahan yang digunakan tergolong mudah diperoleh. Selain ikan selar berukuran besar, bumbu yang digunakan adalah bawang merah dan bawang putih wajib digunakan,” sebut Diana,Sabtu (25/5/2019).

Selain bawang, bumbu yang digunakan satu buah kunyit, dua batang sereh, ½ buah halia, merica setengah sendok, serta asam satu buah. Untuk memasaknya, semua bumbu tersebut dihaluskan terlebih dahulu kemudian di tumis. “Setelah bumbu yang dihaluskan ditumis hingga harum, masukan perasan air asam. Biar sampai mendidih, masukan ikan selar yang sudah dibersihkan,” terangnya.

Tambah garam dan merica secukupnya, biarkan hingga matang dan siap dihidangkan. “Biasanya, saya juga suka pepes ikan layang dan anak tongkol. Bahan-bahan dan proses pembuatannya sama, tetapi biasanya pembeli lebih suka mencicipi pepes ikan selar,” terangnya.

Diana berharap, melimpahnya ikan laut segar yang ada di kota Maumere maupun kota lain di NTT harus dimanfaatkan dengan baik. Ada banyak proses memasak ikan yang dikenal masyarakat selain digoreng dan dibakar, agar menu ikannya lebih bervariasi. “Memang ada banyak menu masakan ikan yang bisa diolah dengan berbagai variasi asal mau mencobanya. Rata-rata orang tidak mau repot dan lebih memilih menggoreng atau membuat kuah asam saja sebab lebih mudah dan setiap hari memasaknya seperti itu,” sebutnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!