hut

Permintaan Daging Meningkat, Optimalkan Pengawasan Hewan Ternak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN -Tingginya permintaan daging ayam dan sapi segar selama Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) meningkatkan pengawasan hewan ternak di daerah tersebut. 

Jumlah sapi lokal hanya mampu memenuhi kebutuhan sekitar 46 persen dan 54 persennya didatangkan dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan.

“Pemeriksaan dan pengawasan rutin kami gelar. Tidak hanya ada momentum tertentu. Kalau bulan Ramadan pengawasan lebih ekstra. Jumlah pengiriman atau lalu lintas hewan lebih besar. Karena kebutuhan juga lebih besar dari hari biasa,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian PPU, Arief Murdiyatno, Senin (27/5/2019).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian PPU, Arief Murdiyatno – Foto: Ferry Cahyanti

Menurut Arief, setiap hewan ternak yang masuk ke daerahnya menjalani pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan hewan tersebut terhindar dari penyakit.

“Hewan yang dibawa masuk suatu daerah harus dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) yang dikeluarkan dokter hewan dari daerah asal hewan ternak. Hewan ternak juga harus bebas penyakit khususnya hewan ternak sapi dari Bali,” ucapnya.

Disebutkannya, kebutuhan daging sapi segar selama bulan puasa hingga lebaran sebanyak 33 ton atau setara 300 ekor sapi. Namun, persediaan di peternak lokal hanya 137 ekor sapi dan selebihnya didatangkan dari luar daerah.

“Yang tersedia di peternak kita itu hanya sekitar 137 ekor sapi atau setara dengan 15 ton daging. Tapi itu tidak sebanding dengan kebutuhan, mengingat jumlah yang dibutuhkan sebanyak 33 ton atau 300 ekor sapi,” papar Arief Murdiyanto.

Selain pengawasan ekstra yang dilakukan oleh Dinas Pertanian PPU lanjutnya, Dinas Pertanian juga meningkatkan pengawasan di setiap rumah pemotongan hewan (RPH).

“Pengawasan itu rutin dilakukan, bukan hanya momen tertentu. Karena permintaan juga meningkat sehingga pengawasan lebih ditingkatkan,” tutupnya.

Lihat juga...