hut

Persediaan Ikan di Batanghari Mampu Penuhi Kebutuhan Selama Ramadan

Pembudidaya ikan tengah lakukan pnyortiran,. Stok ikan di Batanghari dipastikan mampu penuhi kebutuhan masyarakat. (Ant)

JAMBI — Persediaan ikan nila dan ikan patin di Kabupaten Batanghari mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan jelang Idul Fitri.

“Saat ini terdapat 150 ton ikan nila dan patin dari wilayah sentra produksi ikan milik kita,” kata Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan Setda Batanghari, Syaiful di Jambi, Selasa (21/5/2019).

Wilayah sentra produksi ikan di daerah itu berada di Kecamatan Muarabulian dan Kecamatan Pemayung. Sejumlah 150 ton ikan tersebut merupakan stok yang saat ini siap panen dan dipasarkan, sementara masih terdapat ikan yang diperkirakan akan memasuki masa panen jelang hari raya.

Ikan tersebut juga akan dipasarkan ke luar daerah seperti ke Kabupaten Tebo dan Muaro Bungo.

Rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyimpulkan, ketersediaan ikan tersebut dipastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di kabupaten itu.

Untuk menjaga kestabilan harga ikan tersebut, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan diminta untuk terus memantau dan mengawasi pedagang ikan.

Pemerintah daerah bekerjasama dengan Perum Bulog Divre Jambi untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga. Komoditas yang masuk dalam kerjasama tersebut diantaranya komoditi beras, bawang putih, daging beku dan minyak goreng.

Pengawasan dan pembinaan terhadap pedagang daging tersebut didukung penuh oleh pihak kepolisian, kejaksaan negeri dan Kodim 0415 Batanghari. (Ant)

Lihat juga...