Pesantren Ramadhan Bentuk Karakter Islami Anak Didik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan di bulan suci ramadan 1440 Hijriyah (2019) oleh sejumlah sekolah menjadi salah satu kegiatan positif yang dapat membentuk karakter islami anak didik. Kegiatan tersebut sekaligus menjadi upaya sekolah mencegah adanya pengaruh negatif dari adanya gawai dan internet.

“Kegiatan pesantren kilat tentunya sangat positif dan bisa digunakan bagi anak anak memperdalam ilmu agama,” terang Siti Nurjanah kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Hidayah, Padan, Lampung Selatan saat dikonfirmasi Cendana News, Kamis (9/5/2019).

Selain diberi materi keagamaan tentang akhlak dan budi pekerti, menghapal rukun iman dan rukun islam. Para siswa juga diajarkan untuk menghargai orang yang lebih tua dalam kehidupan sehari hari.

Siti Nurjanah, Kepala Sekolah MI Nurul Hidayah Padan, Kecamatan Penengahan Lampung Selatan. Foto: Henk Widi

Siti Nurjanah menyebutkan, kegiatan tersebut dilakukan lebih awal karena sesuai jadwal sekolah tersebut akan melakukan ujian akhir kenaikan kelas bagi siswa kelas 1 hingga kelas 5 pada Senin (20/5) mendatang.

“Selama bulan ramadan siswa diberi tugas mengikuti tadarusan dengan mencatat kultum dan juga tanda tangan dari imam yang memimpin shalat tarawih,” beber Siti Nurjanah.

Selain MI Nurul Hidayah, pesantren kilat juga digelar oleh SDN 1 Pasuruan. Salim, guru pendidikan agama Islam SDN 1 Pasuruan menyebutkan, kegiatan diisi dengan beberapa materi. Di antaranya keimanan, Alquran, praktek ibadah (Fiqih), akhlak, sejarah Islam (Tarikh), Muamalat.

“Selain materi tersebut siswa juga akan melakukan praktek langsung terkait materi yang diajarkan,” sebutnya.

Melalui kegiatan pesantren kilat, siswa dilatih untuk melakukan hal positif. Anak didik dibekali dengan kegiatan ibadah dan nilai nilai keimanan. Selain itu, kegiatan di sekolah juga didukung dengan tarawih di masjid terdekat bersama orangtua selama bulan ramadan berlangsung, dimana anak-anak dituntut untuk mencatat ceramah, sehingga ilmu yang diperoleh selama pesantren kilat benar benar bisa diterapkan.

Lihat juga...