hut

Philodendron Tanaman Hias Berdaun Indah

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Bukan tanpa alasan, jika para pecinta tanaman banyak yang memilih Philodendron sebagai alternatif penghasilan taman atau tanaman hias dalam rumah. Selain memiliki tampilan daun yang memukau, Philodendron juga diyakini memiliki kemampuan baik dalam menjaring udara. 

Research and Agronomy Advisor Taman Buah Mekarsari, Gregori Garnadi Hambali, menyebutkan, penempatan satu tanaman Philodendron dalam area 100 meter persegi, maka akan mampu menyaring kadar karbondioksida.

“Philodendron ini tanaman yang sangat indah, dengan tampilan dan bentuk daunnya. Mampu mencapai ukuran yang cukup besar di habitat aslinya. Selain memang indah, tanaman ini memiliki fungsi bagi lingkungan, yaitu menghasilkan oksigen,” kata Greg, saat ditemui di Taman Buah Mekarsari, Jumat (31/5/2019).

Philodendron memiliki jumlah spesies yang cukup banyak. Sedikitnya ada 400 spesies yang tercatat dengan variasi ukuran, bentuk dan warna.

“Beberapa yang cukup populer adalah Philodendron bipinnatifidum yang memiliki daun berbentuk jari-jari melebar, Philodendron scandens yang memiliki daun berbentuk hati memanjang dan Philodendron erubenscens yang memiliki daun muda berwarna merah,” papar Greg.

Greg menyebutkan, bahwa Philodendron tidak memerlukan perawatan yang sulit dan mampu beradaptasi dengan mudah di dalam ruangan.

“Philodendron tumbuh baik di lingkungan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kalau ada beberapa daun yang warnanya berubah menjadi kuning, artinya Philodendron terlalu banyak terkena sinar matahari,” ungkap Greg.

Tapi, katanya, sesekali tanaman ini juga harus dikenai sinar matahari, jika diletakkan di dalam ruangan.

“Yang perlu diingat, Philodendron tidak menyukai tanah yang tergenang. Ini akan membuat akarnya busuk. Bisa dicek via daunnya saja. Kalau daunnya menjadi coklat, artinya kurang air. Kalau daunnya melayu, artinya terlalu banyak air,” ujar Greg.

Untuk menjaga agar tampilannya tetap indah, para pecinta Philodendron dapat melap setiap helai daun, jika terkena debu dengan menggunakan lap lembut.

“Intinya, suasana yang hangat, kelembaban yang tepat serta cahaya merupakan cara merawat Philodendron. Dan, jangan lupa untuk secara berkala memindahkan tunas baru dari Philodendron. Jangan sampai terlalu penuh dalam satu pot,” pungkasnya.

Lihat juga...