hut

PLN Alirkan Listrik ke-17 Desa Terpencil di Riau

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M. Irwansyah Putra, dan Bupati Siak Syamsuar pada peresmian 100 persen “Desa Berlistrik” di Kampung Muara Kelantan, Siak, Kamis (31/1/2019) - Foto Ant

PEKANBARU – PT PLN (Persero) di Ramadan 1440 Hijriah ini, merampungkan penyambungan listrik untuk 17 desa terpencil pada enam kabupaten di Provinsi Riau.

“Kami mohon support, dan doanya untuk 100 persen rasio desa berlistrik di Provinsi Riau, dapat kami rampungkan di 2019,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Riau-Kepri(UIWRKR), M Irwansyah Putera, Minggu (26/5/2019).

17 desa yang baru saja dialiri listrik itu tersebar di Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir. Peresmian listrik desa tersebut, telah berlangsung pada akhir pekan lalu. Kegiatan dipusatkan di gedung serbaguna kantor Bupati Indragiri Hilir.

Peresmian dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Kadis ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukmam, beserta jajaran Forkopimda Provinsi Riau, Bupati Inhil, Muhammad Wardan, serta Sekda Kabupaten Inhil, Said Syarifuddin.

Irwansyah mengatakan, jumlah desa yang sudah berlistrik di Provinsi Riau saat ini menjadi 1.778 desa dari total 1.859 desa. Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Riau saat ini sebesar 95,64 persen, artinya masih ada 81 desa yang belum berlistrik. Dari 17 lokasi yang baru disambung listrik, 14 lokasi pembangunan oleh PLN dan tiga lokasi oleh Dinas ESDM Provinsi Riau.

Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution, menyampaikan, pembangunan infrastruktur merupakan tanggung jawab pemerintah yang harus dilaksanakan meski banyak kendala merintanginya, termasuk kondisi seperti daerah yang terisolir.

“Pembangunan infrastruktur listrik desa menjadi kebutuhan vital di masyarakat desa, harapannya pekerjaan tersebut dapat dirampungkan PLN pada 2019, kami akan sangat mendukung program PLN Riau terang selesai,” katanya.

Bupati Inhil, HM Wardan, mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras, sehingga beberapa desa di Kabupaten Inhil sudah dapat menikmati listrik. Ia menyebut, medan di daerah pesisir Riau itu sangat sulit untuk merealisasikan pembangunan.

“Sudah kita lihat sendiri tantangan melistriki desa-desa di kabupaten Inhil dimana medan yang sangat sulit bahkan bertemu buaya rawa dalam pendistribusian tiang PLN. Terima kasih atas kerja keras dari PLN semoga dengan sinergi bersama progres melistriki desa-desa yang belum berlistrik di kabupaten Inhil dapat dipercepat,” ujar Wardan. (Ant)

Lihat juga...