Polres Balangan-Kalsel Gagalkan Pengiriman Sabu-sabu

Sabu-sabu, ilustrasi-Dok: CDN

BANJARMASIN – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, AKBP Moh Zamroni, mengatakan sabu-sabu seberat 1,2 kilogram yang berhasil digagalkan, rencananya hendak dikirim ke Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami berhasil gagalkan pengiriman sabu-sabu seberat 1.201,61 gram atau sekitar 1,2 kilogram, yang diambil dari Banjarmasin tujuan Kalimantan Timur,” ucap Kapolres, Sabtu (18/5/2019).

Dikatakannya, selain mengamankan barang bukti sabu-sabu, polisi juga berhasil menangkap dua tersangka, yaitu berinisial EW dan FS, pada Kamis (16/5).

Pengungkapan kasus tersebut berawal informasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN), yang mengatakan, ada tersangka pengedar narkoba yang akan melintas di wilayah hukum Polres Balangan, dengan membawa sabu-sabu yang cukup banyak.

Berdasarkan informasi dan ciri-ciri tersangka, berikut mobilnya, tim Polres langsung turun ke lapangan untuk melakukan pengintaian.

“Informasi kami dapat dari BNN, ada dua pria mengendarai mobil Avanza hitam dengan plat KT 1315 KI dari Banjarmasin menuju wilayah Kalimantan Timur, dengan melintasi jalur Kabupaten Balangan,” katanya.

Sesaat setelah mendapatkan informasi tersebut, Kasat Reserse Narkoba dan Kabag Ops Polres Balangan beserta anggota fokus melakukan penjagaan di Jalan A Yani, tepatnya di depan Mapolres Balangan.

Sekitar pukul 18.30 WITA, melintas mobil Avanza hitam cocok dengan ciri-ciri yang dimaksud. Petugas di lapangan langsung memberhentikan mobil yang dicurigai itu, lalu melakukan pemeriksaan dan penggeledahan.

“Dari hasil pemeriksaan, pada bagian dashboard mobil ditemukan barang mencurigakan, satu bungkus besar dengan dilapis tiga plastik hitam dan dimasukkan dalam bantal warna hijau,” jelasnya.

Saat diperiksa, ternyata paket tersebut, berisi narkotika jenis sabu-sabu dengan jumlah besar. Selanjutnya petugas menggeledah mobil tersebut, dan kembali menemukan dua paket dengan berat sekitar 1,61 gram, bersama pipet kaca yang dibungkus dengan kotak rokok.

Kedua pelaku saat ini diamankan di Mapolres Balangan, untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut, dan pengembangan kasus tersebut.

Hasil pemeriksaan sementara, kedua pelaku ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat pasal 114 ayat 2 jo 112 ayat 2, Undang Undang RI Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. (Ant)

Lihat juga...