Polresta Tangerang Periksa Penumpang di Stasiun Tigaraksa

Kapolresta Tangerang, Banten, Kombes Pol Sabilul Alif menyapa penumpang kereta api jurusan Rangkas Bitung, Lebak, Banten menuju Tanah Abang, Jakarta Pusat (Foto Ant)

TANGERANG – Aparat dari Polresta Tangerang, Banten, memeriksa penumpang di Stasiun Tigaraksa dan Stasiun Daru. Hal itu dilakukan, sebagai dampak rusuh pengunjuk rasa di Jakarta, yang memprotes hasil Pemilu 2019.

“Petugas menanyai penumpang satu per-satu, termasuk tujuan dan memeriksa barang bawaan,” kata Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif, Rabu (22/5/2019).

Sabilul mengatakan, pemeriksaan penumpang dan barang bawaan, sudah dilakukan sejak pukul 04.30 WIB. Puluhan personel gabungan dari Polri dan TNI, berjaga di gerbang dan di dalam areal stasiun. Meski demikian, pemeriksaan di stasiun dengan tujuan akhir Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat itu tidak mengganggu pelayanan penumpang.

Pemeriksaan tidak hanya bagi penumpang yang hendak naik kereta, tetapi yang berada di dalam kereta juga tak luput dari pemeriksaan. Upaya tersebut sebagai antisipasi pemeriksaan dan sebagai imbas dari ricuhnya aksi unjuk rasa di Kantor Bawaslu, Jakarta. “Kami tidak ingin penumpang kereta yang ke Jakarta untuk ikut aksi ternyata memiliki tujuan membuat kekacauan,” kata mantan Kapolres Jember, Jawa Timur tersebut.

Menurutnya, untuk memastikan semua penumpang telah diperiksa, dirinya turut masuk ke gerbong kereta. Tim naik dari Stasiun Tigaraksa, kemudian turun di Stasiun Daru. Sabilul menyapa langsung warga, dan memberikan imbauan agar tetap tenang dan tidak termakan isu hoaks yang berkembang.

Bagi penumpang yang ingin bekerja atau berbelanja dari Rangkas Bitung, Lebak menuju Tanah Abang, Jakarta Pusat agar tidak perlu ikut-ikutan kegiatan demo, yang disebutnya lebih banyak bernilai negatif. (Ant)

Lihat juga...