hut

Puncaki Klasemen, Ajax Butuh Satu Poin di Laga Pamungkas

JAKARTA — Ajax hanya berjarak selangkah lagi menuju gelar juara Liga Belanda selepas memenangi laga pekan ke-34 mereka, yang dimainkan lebih awal dibandingkan pekan ke-33, pada Minggu.

Menjamu FC Utrehct, Ajax sempat dikejutkan dengan gol menit pertama tim tamu lewat Othman Boussaid, namun bangkit dan menutup pertandingan dengan kemenangan 4-1.

Sementara itu, di laga lain, juara bertahan PSV Eindhoven malah menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah AZ Alkmaar akibat gagal membalas gol Guus Til.

Akibatnya, kini Ajax yang berada di puncak klasemen mengoleksi 83 poin dan unggul tiga poin dari PSV (80) di posisi kedua. Tim besutan Erik ten Hag itu cuma butuh satu poin di laga pamungkas untuk memastikan gelar juara.

Bahkan, jika kalah sekalipun, Ajax masih punya keunggulan selisih gol sejauh 14 gol dibandingkan PSV yang sulit untuk dilewati dalam waktu 90 menit saja.

Jika menjadi juara, Ajax akan meraih trofi Liga Belanda mereka yang ke-34 sepanjang masa, memperlebar lagi jarak raihan 24 trofi juara PSV.

FC Emmen (35) berhasil mengamankan diri mereka dari ancaman degradasi seusai membalikkan keadaan dan menang 3-2 di markas Willem II (44).

Kemenangan Emmen memastikan Excelsior (30) dan De Graafschap (29) harus mengikuti playoff promosi-degradasi bersama tim-tim divisi kedua demi memelihara kesempatan tetap bermain di kasta tertinggi musim depan.

Sementara itu, laga pamungkas Robin van Persie sebagai pesepak bola berakhir dengan cara yang kurang menyenangkan, sebab Feyenoord (62) dipecundangi ADO Den Haag (42) dengan skor 0-2 di hadapan publik De Kuip. (Ant)

Lihat juga...