hut

Rebutkan 3.462 Kursi, Ini Jadwal PPDB SMP Kota Yogyakarta

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Total ada 3.462 kursi SMP Negeri akan diperebutkan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Yogyakarta di 2019.

Kursi siswa baru 16 SMP Negri di Yogyakarta itu, akan diperebutkan melalui sejumlah jalur seleksi. Terdapat tiga jalur utama, yakni jalur zonasi (siswa dalam kota) dengan kuota 90 persen atau 3.112 kursi. Jalur luar zonasi (siswa luar kota), maksimal lima persen atau 175 kursi. Dan jalur perpindahan tugas orangtua, maksimal lima persen atau 175 kursi.

Khusus jalur zonasi, akan dibagi lagi dalam empat kategori. Pertama kategori zonasi bibit unggul, dengan kuota 10 persen (346 kursi). Kedua, zonasi wilayah dengan kuota maksimal 30 persen (1.038 kursi). Ketiga, zonasi KMS, atau siswa kurang mampu dengan kuota 10 persen (346 kursi).

Kasi Data dan Sistim Informasi Pendidikan Disdik kota Yogyakarta, Siti Hidayati – Foto: Jatmika H Kusmargana

Kemudian keempat, zonasi mutu dengan kuota 40 persen (1.382 kursi). Kasie Data dan Sistim Informasi Pendidikan Disdik kota Yogyakarta, Siti Hidayati, mengatakan, zona bibit unggul merupakan seleksi khusus bagi calon siswa berprestasi.

Diambil dari 10 persen siswa terbaik dari jumlah siswa kelas 6 di sekolah yang ditentukan berdasarkan ranking rapor selama lima semester terakhir.  Pelaksanaan PPDB jalur bibit unggul ini dimulai sejak 7 Mei lalu, berupa pengumpulan data oleh sekolah ke Dinas. Dilanjutkan proses pendaftaran siswa pada 14 hingga 15 Mei. Dan pengumuman akan dilakukan pada 18 Juni mendatang.

PPDB jalur zonasi wilayah, diperuntukkan bagi siswa asal kota Yogyakarta. Proses seleksinya dilakukan berdasarkan jarak tempat tinggal domisili calon siswa, dengan lokasi sekolah yang dituju. Jalur ini akan dilaksanakan pada 20 hingga 25 Juni, berupa pendaftaran online. Dilanjutkan proses verifikasi pada 24 hingga 25 Juni. Dan pengumuman pada 26 Juni.

Sedangkan jalur zonasi mutu, diperuntukkan bagi siswa asal kota Yogyakarta (diluar siswa kurang mampu), yang proses seleksinya  dilakukan berbasis nilai dalam hal ini nilai USBN tiga mapel Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Pendaftaran jalur ini dilaksanakan pada 28 Juni hingga 3 Juli. Dengan proses verivikasi pada 1 hingga 3 Juli dan pengumuman pada 4 Juli. “Jalur ini sama seperti PPDB beberapa tahun lalu, saat belum dikenal/diterapkan sistem zonasi. Siswa dapat menyertakan penambahan nilai prestasi non akademik, yang diusulkan melalui sekolah di kantor Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta pada 24 hingga 25 Juli,” jelasnya.

Sementara itu, untuk jalur KMS (siswa dari keluarga tidak mampu), serta jalur luar zonasi (siswa luar kota ), proses pelaksanaanya akan sama seperti jalur zonasi mutu. Yakni Pendaftaran pada 28 Juni sampai 3 Juli. Verivikasi pada 1 hingga 3 Juli. Pengumuman pada 4 Juli. Dan daftar ulang pada 4 hingga 5 Juli.

“Jalur perpindahan tugas orang tua akan dilaksanakan sebelum jalur zonasi mutu. Yakni Pendaftaran pada 24 hingga 25 Juni. Pengumuman pada 28 Juni. Dan daftar ulang pada 28 Juni hingga 1 Juli. Ini dilakukan agar jika kuota tidak terpenuhi, bisa dialihkan untuk jalur yang lain,” bebernya.

Lihat juga...