hut

Rekapitulasi Suara Tiga Kabupaten di Babel Sudah Selesai

Ilustrasi proses rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 (Ant)

PANGKALPINANG – Tiga dari tujuh kabupaten dan kota di Kepulauan Bangka Belitung telah menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019.

Empat kabupaten dan kota lainnya, masih melaksanakan rapat pleno terbuka hasil pemungutan suara. “Saat ini baru Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah dan Belitung Timur yang sudah menyelesaikan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu tahun ini,” kata Ketua KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Davitri, usai menghadiri rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara di Kota Pangkalpinang, Kamis (2/5/2019).

Empat kabupaten dan kota yang belum selesai merekapitulasi adalah, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Selatan dan Belitung. “Alhamdulillah rekapitulasi sampai hari ini secara umum berjalan lancar. Kita sudah menerima laporan dari KPU di tiga kabupaten yang sudah menyelesaikan rekapitulasi, maka sisanya kita tunggu Jumat (3/5/2019),” ujarnya.

Setelah rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kabupaten dan kota selesai. Akan dilanjutkan ke tingkat provinsi. Rencananya akan mulai digelar Sabtu (4/5/2019) hingga Selasa (7/5/2019). Proses rapat pleno terbuka di kabupaten dan kota berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kami akan membuat, menyerahkan berita acara dan sertifikat rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara peserta pemilu tingkat kabupaten dan kota ini kepada saksi peserta pemilu, Bawaslu Provinsi, dan KPU RI,” jelasnya.

Selama proses rekapitulasi surat suara, partai politik memiliki hak untuk menyampaikan keberatan yang dirasakan. “Dalam proses rekapitulasi, Parpol silahkan dan diberikan kesempatan atau hak menyampaikan keberatan. Namun tentunya dengan disertai bukti dan data yang jelas, dan kami berharap peserta pemilu dapat menghargai setiap proses pemilu yang telah dilalui,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!