Relawan Aksi Damai Bagikan Menu Buka Puasa

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Aksi damai kedaulatan rakyat yang sudah digelar sejak Selasa (21/5), terlihat masih kondusif. Menjelang adzan maghrib, terlihat di beberapa sudut,  para relawan mulai membagikan minuman dan makanan kecil untuk berbuka puasa. 

Adi, salah satu relawan yang membagikan minuman kepada para peserta aksi di jalan Sunda, menyatakan, bahwa semua dibagikan secara gratis.

“Pembagian ini sengaja, karena kan tidak banyak juga tempat makan yang buka. Lagi pula, susah kalau harus mondar-mandir selama aksi berlangsung,” ucapnya, Rabu (22/5/2019).

Memang, terlihat beberapa lokasi tempat makan di seputar Sarinah, tutup. Bahkan, para penjaga keliling pun tak banyak terlihat. Hanya beberapa titik di jalan Wahid Hasyim dan beberapa lagi terlihat di sekitar Graha Mandiri.

Ahmad Fauzan, peserta aksi, mengaku datang setelah jam kerja kantornya selesai. “Tadi buru-buru. Ingin lihat saja. Saya tidak percaya kalau umat Islam mau berbuat makar. Dan, saya lihat kayaknya orang biasa saja. Menggugat pemilu iya, tapi makar tidak,” ucapnya saat mengambil minuman untuk berbuka.

Para polisi yang sedang beristirahat di lokasi aksi Jalan Sunda –Foto: Ranny Supusepa

Ahmad mengaku senang dengan adanya pembagian minuman untuk berbuka ini. Menurutnya,  tidak semua peserta aksi membekali diri dengan makanan atau minuman.

“Mikirnya kan pasti ada yang jual. Jadi, tidak kepikiran bawa. Pada takut rusuh kali,  jadi tidak pada mau jualan,” ujarnya sambil tertawa.

Hingga sore pukul 17.33 WIB,  suasana masih terlihat kondusif. Bahkan, petugas Polisi dan TNI yang berjaga, terlihat santai dan turut menunggu waktu berbuka puasa.

Beberapa kali terlihat helikopter kepolisian yang terbang tidak terlalu tinggi di atas area aksi. Suaranya bersaing dengan takbir para peserta aksi.

Lihat juga...