hut

Safari Kesehatan, Upaya Pemkot Denpasar Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

DENPASAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar melaksanakan Safari Kesehatan secara berkelanjutan ke banjar-banjar. Kali ini, Safari Kesehatan dilaksanakan di Banjar Sangguan, Jalan Seroja, Kelurahan Tonja, Kecamatan Denpasar Utara

Wakil Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengimbau agar masyarakat memanfaatkan safari kesehatan tersebut. Menurutnya, dalam Safari Kesehatan ini, berbagai pelayanan kesehatan diberikan dalam kegiatan tersebut, mulai dari pengobatan penyakit menular hingga tidak menular.

Selain itu  menurut Jaya Negara masyarakat juga mendapat penyuluhan tentang kesehatan. Dengan demikian masyarakat secara tidak langsung bisa menjaga kesehatannya.

‘’Saya harapkan seluruh masyarakat memanfaatkan Safari Kesehatan ini sebagai upaya edukasi tentang pola hidup sehat. Pemkot Denpasar telah memprogramkan kegiatan ini secara rutin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,’’ kata Jaya Negara saat ditemui, Jumat (24/5/2019).

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Ni Luh Putu Sri Armini, menjelaskan, Safari Kesehatan kali ini menggandeng The John Fawcett Foundation (JFF) serta Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali (YPKB) dan beberapa elemen kesehatan di Kota Denpasar.

Ia menjelaskan JFF dalam kegiatan ini membantu masyarakat yang mengalami masalah kesehatan mata. Sedangkan YPKB memberikan pelayanan terkait dengan gangguan fisik seperti stroke, pasca patah tulang, gangguan otot, kelainan postur tubuh, cerebral palsy dan gangguan tumbuh kembang pada anak.

“Selain memberikan pelayanan kesehatan dalam Safari Kesehatan ini kami juga memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Dengan harapan masyarakat bisa menjaga kesehatannya dan menjaga pola makan,” tegas dr. Ni Luh Putu Sri Armini.

Untuk safari selanjutnya ia mengaku akan dilaksanakan pada tanggal 31 Mei 2019 di Banjar Kayangan, Jl Cekomaria, Desa Peguyangan Kangin, dan Banjar Bhuana Anyar, Jl Sedap Malam, Gg. Kwangen No. 1, Kelurahan Kesiman pada tanggal 11 Juni 2019.

‘’Dengan dilaksanakan Safari ini agar dimanfaatkan masyarakat Kota Denpasar,’’ harapnya.

Lurah Kelurahan Tonja, Ade Indahsari Putri, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Denpasar yang telah melaksanakan Safari Kesehatan.

Menurutnya, Safari Kesehatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini terbukti banyak yang berkunjung dalam kegiatan ini. Bahkan anak-anak juga ikut memeriksakan kesehatannya misalnya telinganya.

“Dengan safari kesehatan ini, masyarakat bisa mengecek kesehatannya tanpa menunggu lama serta tidak perlu pergi ke rumah sakit. Saya harapkan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan,’’ harapnya.

Lihat juga...