Satgas Pamtas Amankan Ganja di Jalan Setapak Sekitar Wutung

JAYAPURA — Patroli Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif 328/DGH berhasil mengamankan satu kantong plastik berisi ganja kering siap edar di jalan setapak yang berada di pinggiran pantai sekitar Wutung, yang berada di perbatasan Skouw (Kota Jayapura)-Wutung (Papua Nugini/PNG).

Komandan Batalyon (Danyon) 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari membenarkan adanya paket ganja yang diamankan anggotanya saat berpatroli di sekitar pantai Wutung yang selama ini sering digunakan warga PNG untuk melintas masuk ke wilayah RI.

Satu kantong berisi ganja itu ditemukan Minggu (28/4) dan setelah ditimbang ternyata seberat 800 gram. Temuan itu setelah anggota yang dipimpin Serda Parade melakukan patroli di sekitar jalan setapak yang berada di pinggiran pantai Wutung yang diduga sering digunakan warga PNG yang ingin masuk ke wilayah RI secara ilegal.

“Memang kami mendapat laporan tentang adanya sejumlah jalan setapak atau jalan tikus yang sering dilintasi warga yang membawa barang ilegal,” kata Erwin di Jayapura, Selasa (30/4/2019).

Berdasarkan laporan itulah, kata dia, anggota melakukan pengamanan.

Saat melakukan pengamanan, anggota melihat sesosok pemuda berjalan dari arah PNG, namun saat melihat ada anggota TNI langsung balik arah kembali masuk wilayah PNG.

“Anggota curiga dan melakukan penyisiran hingga akhirnya menemukan satu kantong plastik merah yang disembunyikan di bawah tumpukan daun kelapa. Setelah dibuka ternyata berisi ganja,” kata Erwin.

Dengan adanya temuan tersebut, pihaknya akan lebih mengaktifkan patroli terutama di jalan setapak yang menjadi lintasan warga yang membawa narkotika atau barang ilegal lainnya, kata Mayor Inf Erwin Iswari.

Ganja seberat 800 gram saat ini sudah diamankan ke pos kotis di Skouw. [Ant]

Lihat juga...