hut

Serap Produk Pertanian, Kaltim Galakkan PUPM

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Pemprov Kalimantan Timur menggalakkan program Pengembangan Usaha Pangan Masyarakat (PUPM). Kegiatan yang digelar melalui Toko Tani Indonesia (TTI) tersebut, bertujuan untuk menyerap hasil produk pertanian dengan harga layak dan menguntungkan petani.

TTI senter, merupakan peningkatan dari kegiatan PUPM melalui TTI yang sudah dilaksanakan sejak 2016. Kegiatan tersebut berjalan di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Paser dua PUPM, Penajam Paser Utara tiga unit PUPM dan Kutai Timur satu unit PUPM.

Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim, H Ibrahim – Foto Ferry Cahyanti

“Pemerintah terus berupaya menjaga stabilisasi ketersediaan dan harga pangan strategis. Salah satunya, diupayakan dan digalakkan kegiatan pengembangan usaha pangan masyarakat melalui TTI,” ungkap Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan Hortikultura Kaltim, H Ibrahim, Senin (20/5/2019).

Tujuan PUPM, untuk menyerap hasil pertanian dengan harga layak dan menguntungkan petani. Harapannya, bisa mendukung stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok dan strategis. Sekaligus, memberikan kemudahan akses konsumen atau masayarakat terhadap bahan pokok dan strategis. Pelaksana Harian Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim, HM Sa’bani, mengapresiasi DPTPH yang telah menginisiasi pembentukkan toko tani.

Toko yang bisa menjembatani pertemuan konsumen dan produsen (petani). “Toko tani ini bisa memutus mata rantai perdagangan dan distribusi pangan. Karena selama ini jalur panjang distribusi pangan penyebab tingginya harga pangan kita,” kata Sa’bani.

Melalui TTIC, komoditi produksi petani dapat langsung terserap dan dibeli konsumen dengan harga yang sangat memadai. TTIC bisa menjembatani penyerapan produk petani oleh Bulog, sehingga berapa-pun produksinya pasti akan terpasarkan dengan harga yang tidak merugikan. “Saya yakin produksi petani cepat terserap dan terjual. Konsumen pasti kesini sebab harga murah dan kualitas terjamin,” pungkasnya.

Lihat juga...