hut

Siapkan SDM Pertanian, Sikka Gandeng Politeknik Pembangunan Pertanian

Editor: Mahadeva

MAUMERE – Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Pertanian, Pemkab Sikka melakukan kerjasama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Bogor dan Yogyakarta Magelang (YOMA).

Naskah kerjasama telah ditandatangani di aula kantor Bupati Sikka. “Penandatanganan dilakukan oleh perwakilan dari ketiga politeknik dan Bupati Sikka, serta staf Kementrian Pertanian RI,” ungkap staf Humas Setda Sikka, Laurens Nale, Jumat (17/5/2019).

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo S.Sos, M.Si mengatakan, di era industri saat ini, semua sektor pembangunan harus memberikan kontribusi. “Kalau saat ini, kita tidak menyiapkan SDM yang baik, maka kita akan tertinggal jauh dari daerah daerah lain di Indonesia. Sektor pertanian sangat strategis. Perlu saya sampaikan untuk semua biaya pendidikan dan asrama selama setahun ditanggung Kementrian Pertanian RI,” paparnya.

Sementara uang makan selama kuliah , ditanggung oleh Kementrian Pertanian  melalui Politeknik Pembangunan Pertanian. Sedangkan biaya pengiriman mahasiswa, uang saku seleksi dan asuransi kesehatan selama menempuh pendidikan, menjadi tanggung jawab Pemkab Sikka.

Mahasiswa yang telah selesai menjalani pendidikan, diharapkan membawa pulang inovasi dan tehknologi baru, yang bisa diterapkan di daerah. Harapannya, inovasi dan teknologi tersebut, dapat membantu memutus mata rantai kemiskinan petani di  Sikka.

Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Gorgonius Nago Bapa mengungkapkan, DPRD mendukung  langka kerjasama tersebut. DPRD sangat mendukung proses pembangunan di kabupaten Sikka khususnya SDM di bidang pertanian. “Kami dari DPRD sangat mendukung, dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sikka Kami sangat mengharapkan bantuan dari Kementerian Pertanian kalau ada program seperti ini,” ungkapnya.

Lihat juga...