Taman Buah Mekarsari Pamerkan Tanaman Koleksi Greg Hambali

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Sepanjang bulan Ramadan ini, Taman Buah Mekarsari menghadirkan koleksi tanaman milik Sang Maestro pengembangan tanaman hias, Greg Hambali. Berbagai karya Gregori Garnadi Hambali, nama lengkap dari Greg Hambali, dipamerkan untuk memanjakan para pengunjung Taman Buah Mekarsari dan para pecinta tanaman. 

Marketing Communication Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan, menyebutkan pameran ini akan berlangsung hingga 2 Juni 2019.

“Hasil karya Pak Greg dalam dunia tanaman, baik tanaman hias maupun tanaman buah sudah bejibun. Konsistennya dalam merakit dan mengembangkan varietas-varietas unggul baru tanaman hias sudah dimulai sejak 1980-an,” kata Firman, di area pameran Taman Buah Mekarsari,  Sabtu (11/5/2019).

Firman menceritakan, bahwa Greg Hambali adalah Penasehat Divisi Riset dan Pengembangan Taman Buah Mekarsari yang selalu konsisten dalam mengembangkan varietas baru.

“Varietas Aglaonemanya yang pertama dilepas sekitar 1990an, bernama Aglaonema ‘Pride of Sumatra’. Karya ini sangat fenomenal dan menjadi Aglaonema silangan berdaun merah pertama di dunia. Varietas tersebut pernah menjadi juara II pada kontes tanaman hias dunia yang diadakan di Belanda,” ucap Firman.

Ia menambahkan, pada 2006, Aglaonema varietas Harlequin, hasil silangan Greg Hambali mampu terjual seharga Rp660 juta lewat proses lelang. Pada tahun tersebut, Harlequin merupakan varietas tanaman termahal, tidak hanya di Indonesia, tetapi di dunia.

“Pada 2010, Greg Hambali mendapatkan penghargaan dan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa kategori Pemulia Tanaman Hias Terbaik Indonesia, dan Penghasil Inovasi Varietas Unggul Tanaman Hias Aglaonema oleh Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia,” ucap Firman.

Greg Hambali biasa juga disebut Bapak Aglaonema Indonesia, karena sudah melahirkan ratusan varietas baru dari hasil penelitian yang dilakukanya selama ini.

“Selain Aglaonema Harlequin, varietas Aglaonema fenomenal yang lain adalah Aglaonema ‘Pride of Sumatra’ yang cantik dan memukau banyak pecinta tanaman hias di Indonesia,” papar Firman selanjutnya.

Greg Hambali pun sudah merilis buku berjudul “Aglaonema Silangan Greg Hambali Kiblat Aglaonema Dunia”.

“Buku ini diharapkan dapat mempermudah penelusuran nama-nama Aglaonema silangan Greg Hambali yang telah beredar di pasaran. Buku ini juga memuat informasi tentang resep rahasia penyilangan Aglaonema, cara bertanam dan perawatan, hama penyakit, juga perbanyakan tanaman. Sehingga buku ini sangat berguna sebagai bahan rujukan bagi para penggemar dan penangkar tanaman Aglaonema dan dilengkapai galeri foto Aglaonema silangan Greg Hambali,” kata Firman.

Selain tanaman Aglaonema, banyak ragam jenis lainnya dari tanaman koleksi Greg Hambali yang dipamerkan, di antaranya, Licuala mattanensis, Licuala orbicularis, Dracaena JT Stardust dan Philodendron hybrid. 

Lihat juga...