Tanpa PHPU, Penetapan Caleg Terpilih di Rejang Lebong Setelah 1 Juli

Ilustrasi - Dok CDN

BENGKULU – Penetapan kursi calon legislatif terpilih pada Pemilu 2019 di wilayah Rejang Lebong, Bengkulu baru akan diketahui setelah 1 Juli.

Koordinator Divisi Tekhnis KPU Rejang Lebong, Fahamsyah, mengatakan, penetapan kursi caleg tersebut diketahui dari surat edaran KPU RI No. 867/PL.01.8-SD/06/KPU/V/2019, perihal Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Tanpa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), tertanggal 24 Mei 2019. “Penetapannya baru akan diketahui setelah 1 Juli nanti. Hal itu sesuai dengan surat edaran dari KPU RI yang baru kami terima,” ujarnya, Sabtu (25/5/2019).

Dalam surat edaran KPU RI yang diterima disebutkan, sesuai Peraturan KPU No.10/2019, tentang perubahan ke empat PKPU No.7/2017, tentang tahapan dan jadwal dalam pemilu, penetapan perolehan kursi dan caleg terpilih DPRD provinsi dan Caleg terpilih Kabupaten/Kota, yang tidak terdapat PHPU dilakukan paling lama 3 hari setelah MK mencantumkan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

Fahamsyah, anggota KPU Rejang Lebong – FOTO ANT

Kemudian, sesuai dengan ketentuan Peraturan MK No.2/2019, tentang perubahan kedua atas peraturan MK No.5/2018, tentang tahapan, kegiatan dan jadwal penanganan perkara PHPU, pencatatan permohonan pemohon dalam BRPK dalam perselisihan dalam PHPU DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilakukan pada 1 Juli 2019.

Selanjutnya, MK akan menyampaikan surat pemberitahuan kepada KPU, mengenai daerah yang terdapat PHPU. Berdasarkan surat tersebut, daerah yang tidak ada PHPU untuk pemilihan anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota agar melakukan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih setelah 1 Juli 2019.

“Jadi kesimpulannya penetapan kursi dan calon terpilih untuk DPRD Kabupaten Rejang Lebong tersebut paling lama tiga hari setelah penetapan MK pada 1 Juli nanti,” jelasnya.

Dia berharap, proses penetapan kursi dan 30 calon anggota DPRD Rejang Lebong, bisa berjalan dengan baik. Hingga saat ini diketahui belum ada yang mengajukan PHPU, sehingga bisa berjalan sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan sebelumnya. (Ant)

Lihat juga...