hut

Uang Keluar Untuk Lebaran di Kediri Sudah Rp1 Triliun

Ilustrasi -Dok: CDN

KEDIRI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Jawa Timur, mengatakan telah mengeluarkan uang sekitar Rp1 triliun dari anggaran Rp6,1 triliun untuk kebutuhan Lebaran 2019.

“Ini hampir Rp1 triliun dan terus bertambah. Itu sudah beberapa hari lalu. Nanti biasanya yang agak banyak di pekan tiga dan empat, kan pasti ada terima THR (Tunjangan Hari Raya),” kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Musni Hardi Kusuma Atmaja, di Kediri, Jawa Timur, Sabtu (18/5/2019).

Ia mengatakan, uang itu termasuk uang yang layak edar dan baru. Bank Indonesia, sudah mengantisipasi kebutuhan untuk Lebaran 2019. Anggaran dilebihkan dibandingkan tahun 2018, yang hanya Rp5,2 triliun. Pada Ramadan 2019 ini telah disediakan hingga Rp6,1 triliun.

Pihaknya juga mengakui, animo warga untuk menukarkan uang pecahan menjelang Lebaran cukup tinggi. Untuk itu, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah kota, membuka layanan kas keliling di Kota Kediri yang dilakukan bersamaan dengan operasi pasar.

Dari hasil kerja sama itu, ada 16 kali penukaran uang yang  bersamaan waktunya dengan operasi pasar. Selain itu, Bank Indonesia juga bekerja sama dengan 69 kantor cabang bank di wilayah Kediri dan Madiun, untuk penukaran pada Selasa dan Kamis.

Untuk penukaran uang itu, setiap warga dibatasi. Mereka boleh menukar uang dengan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, dan Rp2.000, masing-masing satu bundel, sehingga totalnya adalah Rp3,7 juta.

“Untuk penukaran uang masyarakat di setiap hari Selasa dan Kamis, mulai jam 09.00 WIB hingga 10.00 WIB. Jadi, nanti per orang dapat Rp3,7 juta mulai dari nominal Rp2.000 hingga Rp20.000,” kata dia.

Pihaknya juga sudah membuat jadwal penukaran di seluruh wilayah Keresidenan Kediri dan Madiun.

Di Alun-alun Kabupaten Nganjuk pada 13 Mei dengan tiga bank, Alun-alun Madiun dengan lima bank pada 15 Mei, SLG Kabupaten Kediri dengan delapan bank pada 18 Mei, Alun-alun Ponorogo dengan empat bank pada 21 Mei, DPRD Blitar lama dengan lima bank pada 23 Mei, Masjid An-Nur Pare dengan tiga bank pada 27 Mei, dan GOR Tulungagung dengan lima bank pada 28 Mei 2019.

DI SLG, proses penukaran uang pecahan baru mulai jam 14.00 WIB. Dari berbagai kalangan perbankan itu sudah persiapan untuk proses penukaran uang baru, guna kebutuhan Lebaran.

“Yang di SLG, yang tukar diberi tinta supaya dapat semua, tidak berulang kali,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!