20 Penyanyi Unggulan Akan Dibina di TMII

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) telah menemukan 20 penyanyi unggulan anak-anak pada lomba lagu Cinta Tanah Air dan Daerah. Mereka akan dibina potensinya untuk memeriahkan perayaan HUT TMII dan ajang tingkat nasional.

Manajer Program Budaya TMII, Ertis Manikan Yulia, mengatakan, ke 20 penyanyi unggulan anak-anak itu terpilih setelah melalui penilaian yang ketat dari 39 peserta yang tampil pada lomba lagu Cinta Tanah Air dan Daerah yang digelar TMII.

“Kami sudah menemukan 20 unggulan. Harapannya seperti tahun lalu, mereka yang unggulan bisa kita tampilkan dalam satu performance HUT TMII,” kata Ertis, kepada Cendana News, ditemui usai acara di Desa Seni TMII, Jakarta, Minggu (30/6/2019) sore.

Manajer Program Budaya TMII, Ertis Manikan Yulia pada lomba lagu Cinta Tanah Air dan Daerah di Desa Seni TMII, Jakarta, Minggu (30/6/2019) sore. -Foto: Sri Sugiarti

Sehingga, jelas dia, ke 20 anak ini melalui pembinaan potensi budaya TMII, nantinya akan dibuatkan satu paduan suara junior. Ini untuk tahapan berikutnya mereka bisa tampil di iven tingkat nasional.

“Jadi bukan sekadar tampil di ajang biasa, tapi tingkat nasional. Karena TMII ini memiliki iven yang tingkat nasional,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, ke 20 penyanyi unggulan ini diberi kesempatan selama dua bulan untuk memperbaiki apa yang menjadi catatan kekurangan mereka saat tampil lomba. Yakni, untuk berlatih setiap hari Sabtu-Minggu pukul 13.00-16.00 WIB.

Kepala Bidang Diklat dan Pembinaan Potensi TMII, Endang Sari Dewi, menambahkan, lomba ini menjadi agenda rutin TMII yang digelar setiap tahunnya.

Para peserta lomba tahun ini sebanyak  39 orang. Kemudian setelah mereka tampil disaring lagi menjadi 20 finalis untuk maju ke babak final.

“Juara pertamanya, Matthew Mashandro Elltan. Dan, 20 penyanyi finalis itu mereka unggulan,” ujar Endang.

Ada apresiasi yang diberikan bagi mereka. Yakni, mereka akan dibina dalam suatu wadah paduan suara anak, yang nantinya dapat ditampilkan kembali pada HUT TMII atau iven tingkat nasional TMII.

“Ya seperti pemenang unggulan tahun lalu, mereka dikumpulkan dalam paduan suara untuk tampil menyanyikan lagu Putri karya Ibu Tutut Soeharto (Siti Hardiyanti Rukmana). Mereka menyanyi di hadapan Ibu Tutut Soeharto, pada HUT ke-44 TMII di Sasono Utomo,” pungkasnya.

Lihat juga...