hut

Aktivitas di Bandara Adi Soemarmo Mulai Ramai

Ilustrasi bandar udara - Dok CDN

SOLO  – Keramaian penumpang di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, mulai terasa pada “H+2” Lebaran atau Sabtu (8/6).

Pantauan di Bandara Adi Soemarmo Solo, keramaian orang terlihat di terminal pemberangkatan. Meski demikian, Pejabat Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi, mengatakan, sejauh ini belum ada penambahan penerbangan dari maskapai.

“Sebelumnya kan maskapai Batik Air mengajukan ‘extra flight’, tetapi baru sebatas pengajuan karena untuk penerbangan reguler mereka masih mencukupi kebutuhan penumpang,” ucapnya.

Sementara itu, secara keseluruhan berdasarkan data dari PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo terjadi penurunan jumlah penumpang arus balik pada tahun ini jika dibandingkan tahun lalu.

Jika pada tahun ini jumlah penumpang berangkat pada “H+2” Lebaran hingga siang hari sebanyak 2.438 orang, untuk periode sama tahun lalu jumlahnya mencapai 6.720 orang.

Untuk 2.438 penumpang ini sudah dilayani oleh 15 penerbangan keberangkatan. Sedangkan hingga malam nanti masih ada 10 keberangkatan lagi dari Bandara Adi Soemarmo Solo.

Jika melihat “H+1” Lebaran, jumlah penumpang berangkat dari bandara yang sama sebanyak 3.294 orang atau naik jika dibandingkan hari kedua Lebaran sebanyak 1.586 orang.

Meski demikian, angka penumpang berangkat pada “H+1” Lebaran tahun ini juga mengalami penurunan jika dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai 5.184 orang.

Terkait hal itu, Danar mengatakan, secara keseluruhan baik pada arus mudik maupun balik Lebaran terjadi penurunan yang cukup signifikan untuk jumlah penumpang melalui Bandara Adi Soemarmo Solo.

“Prediksi kami salah satu penyebabnya masih sama, yaitu kenaikan harga tiket pesawat,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...