Anies: Ani Yudhoyono Perempuan Tangguh

Editor: Mahadeva

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Foto Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut, sosok Ani Yudhoyono adalah perempuan tangguh. Perempuan yang selalu berjuang meneruskan tradisi keluarga, yang pejuang kemerdekaan.

“Kita semua tahu, beliau adalah seorang perempuan tangguh, perempuan pejuang, putri pejuang yang meneruskan tradisi perjuangan keluarganya. Kita semua memiliki rasa hormat kepada beliau dan bagaimana beliau mendedikasikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” ujar Anies di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019).

Anies mengenang sosok Ani Yudhoyono memiliki pribadi menyenangkan dan berpengetahuan yang luas. “Ibu Ani itu menyenangkan, orangnya informal, rileks, dan selalu bisa kalau ngobrol, tidak pernah kaku, selalu rileks dan bisa ngomong apa saja. Wawasannya luas sekali, pengetahuannya luas, topik apa saja nyambung. Saya ingat pengalaman kalau ngobrol dengan beliau selalu menyenangkan dan menyapa semua,” kenang Anies.

Anies mengatakan Mantan Ibu Negara itu memiliki dedikasi yang tinggi untuk negara. Hal itu bisa dilihat dari keputusan ibu Ani memilih menjalani hidup dengan pengabdi negara. “Sejak masa mudanya, ketika ayahnya berjuang memerangi komunisme di negeri ini, keluarga ini sudah menghibahkan waktunya pikirannya untuk bangsa. Kemudian beliau menikah dengan pak SBY yang juga mengabdikan waktunya dirinya untuk kepentingan bangsa dan negara,” jelas Anies.

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu, mengatakan bangsa Indonesia merasakan duka mendalam dengan meninggalnya Ani Yudhoyono. Kehilangan perempuan yang selalu mengabdikan diri untuk bangsa dan negara. “Ini adalah seorang perempuan lahir dari keluarga pejuang, menikah dan bekerja untuk bangsa Indonesia sepanjang hidupnya. Karena itu, kita semua merasakan duka yang mendalam atas berpulangnya Bu Ani,” tandasnya.

Selain dikenang, Anies berharap masyarakat bisa meneruskan perjuangan beliau semasa hidupnya. “Jadi Insyaallah kita semua akan meneruskan perjuangan beliau, dan kita akan doakan keluarga pak SBY semua putra putri diberikan ketabahan di dalam menjalani masa yang berat,” tuturnya.

Sebelumnya Anies sempat menjenguk Ani Yudhoyono di National University Hospital (NUH), Singapura beberapa waktu lalu. Sebelumnya, kabar duka menyelimuti Tanah Air. Istri presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, meninggal dunia. (Baca: https://www.cendananews.com/2019/06/ani-yudhoyono-meninggal.html).

Lihat juga...