hut

Armada Angkutan Sampah Mini di Balikpapan Bakal Bertambah

Editor: Mahadeva

Angkutan sampah mini atau motor pengangkut sampah – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Di Juni 2019 ini, armada pengangkut sampah di Kota Balikpapan bakal bertambah. Penambahan akan dilakukan untuk armada motor pengangkut sampah, yang dikenal dengan angkutan sampah mini.

Motor pengangkut sampah tersebut mengangkut sampah yang tidak terjangkau oleh armada besar atau truk pengangkut sampah. Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup memberikan bantuan 18 unit sepeda motor pengangkut sampah kepada Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Lingkungan Hidup.

“Kemungkinan Juni ini tiba, ada lagi tambahan. Totalnya ada 18 unit. Sepeda motor pengangkut sampah ini sangat dibutuhkan sebagai penunjang kebersihan di lingkungan warga,” ucap Kasie Pemeliharaan dan Pembangunan Sarana Prasarana (Sapras) DLH Kota Balikpapan, Andi Irwan, Rabu (12/6/2019).

Tambahan armada tersebut, dirasakan sangat bermanfaat sekali untuk membantu warga mengangkut sampah yang tidak terangkut oleh armada besar. “Apalagi jumlah armada atau truk pengangkut sampah kita terbatas, sehingga sepeda motor pengangkut sampah ini sangat bermanfaat sekali,” tambahnya.

Di 2018 lalu, Balikpapan hanya mendapat bantuan tujuh unit sepeda motor roda tiga bersolek. Bantuan tersebut, telah disalurkan ke lingkungan di Manggar, Sepinggan, dan Sepinggan Baru. Sepeda motor roda tiga tersebut, dilengkapi dengan nyanyian lagu imbauan untuk menjaga kebersihan.

Warga Kelurahan Graha Indah, Akhmad, mengatakan, armada yang dikenal dengan sebutan bersolek tersebut sangat membantu. Khususnya untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau truk pengangkut. Sehingga, tidak ada lagi yang tersisa atau sampah yang tidak terangkut. “Tapi yang terpenting adalah menjaga kebersihan di TPS dengan membuang sampah sesuai jadwal. Maka sampah akan terangkut juga sesuai dengan jadwal,” tandasnya.

Menurutnya, saat ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ke TPS sesuai dengan jadwal sudah mulai tinggi. “Terbukti kalau saya buang sampah sebelum magrib, sudah banyak warga yang berdatangan ke TPS,” pungkas Akhmad.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!