Arus Balik, 70 Persen Penumpang Sudah Kembali ke Jawa

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Memasuki hari keenam usai Idul Fitri 1440 Hijriah penumpang asal Pulau Sumatera yang akan menuju Jawa sudah berkurang.

Data posko arus mudik dan balik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat ada sebanyak 690.651 penumpang sudah kembali kembali ke Jawa. Jumlah tersebut sesuai dengan penumpang asal Merak ke Bakauheni dengan jumlah 902.678 orang.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, menyebut sesuai data sudah ada 77 persen penumpang sudah kembali. Berdasarkan data tersebut ada sebanyak 212.027 penumpang atau 23 persen belum kembali. Jumlah tersebut meliputi 582.906 penumpang dalam kendaraan atau 75 persen yang sudah kembali dan sebanyak 191.780 penumpang dalam kendaraan atau 25 persen belum kembali.

Selain itu tercatat pejalan kaki yang kembali ke pulau Jawa sudah 107.745 orang atau 84 persen. Sementara sesuai data masih ada sebanyak 20.247 orang belum kembali atau 16 persen belum kembali.

Sesuai data arus balik puncak pejalan kaki terjadi pada 9 Juni sebanyak 25.968 orang. Sebanyak 180.444 penumpang, 21.231 kendaraan roda dua, kendaraan roda empat 19.077 unit dan 20.143 unit kendaraan roda empat.

“Berdasarkan data jumlah pejalan kaki, dalam kendaraan, roda dua yang sudah menyeberang ke pulau Jawa sudah mencapai lebih dari 77 persen saat arus balik,” terang Ira Puspadewi di Pelabuhan Bakauheni, Selasa malam (11/6/2019).

Ira Puspadewi, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). -Foto: Henk Widi

Pergerakan pemudik saat arus balik disebut Ira Puspadewi sudah melewati masa puncak. Sesuai data jumlah pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa akan berangsur menuju Merak bertahap. Sebab pemudik yang sudah kembali ke pulau Jawa merupakan karyawan swasta, aparatur sipil negara (ASN). Sebagian pemudik yang belum kembali merupakan masyarakat yang tidak terikat waktu pekerjaan.

Pemudik yang belum kembali ke Pulau Jawa menurut Ira Puspadewi diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini. Sebab sesuai data sejumlah pelajar yang akan masuk sekolah masih akan kembali pekan depan. Arus balik yang akan berlangsung secara bertahap merupakan sisa penumpang yang belum kembali dari pulau Sumatera ke Jawa.

Saat arus balik pada Selasa malam (11/6) sejumlah kantong parkir di pelabuhan Bakauheni masih terlihat dipadati kendaraan. Sejumlah kendaraan yang didominasi kendaraan pribadi, truk dan bus terlihat masih memadati area dermaga Pelabuhan Bakauheni. Sebanyak 34 kapal di lintasan Selat Sunda dipergunakan untuk melayani pemudik yang belum kembali ke Jawa.

Truk yang sempat ditahan pada sejumlah dermaga bahkan mulai diperbolehkan menyeberang dari Pulau Sumatera ke Jawa. Sebanyak 5.634 unit kendaraan yang menuju ke Sumatera dari Jawa sebanyak 2.339 sudah kembali.

Dari data tersebut tercatat masih ada sebanyak 3.295 unit belum kembali ke Jawa dan berangsur kembali setelah arus kendaraan berangsur normal.

Lihat juga...